Pengembangan Program Mitigasi Bencana Pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning (Studi Kasus di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu)

Abdurrahman, M. Asyiq (2018) Pengembangan Program Mitigasi Bencana Pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning (Studi Kasus di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bencana merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari begitu saja oleh manusia. Fenomena tersebut dapat terjadi setiap saat, secara tiba-tiba atau melalui proses yang berlangsung secara perlahan dimanapun dan kapanpun. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu sebagai instansi yang bertanggungjawab terhadap kejadian bencana alam maupun non-alam perlu melakukan beberapa upaya untuk mengurangi resiko bencana yang terjadi. Kegiatan mitigasi bencana oleh BPBD Kota Batu dengan mengembangkan program mitigasi bencana dan penyuluhan mengenai waspada bencana hingga ke tingkat sekolah dasar/madrasah di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Batu, sedangkan situsnya berada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Program Mitigasi Bencana Pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dilihat dari: 1) Pelaksanaan Program Mitigasi yang telah dijalankan oleh BPBD Kota Batu yang mengarah pada Pelaksanaan penataan ruang, Pengaturan pembangunan, infrastruktur dan tata bangunan, serta Penyelenggaraan pendidikan, penyuluhan dan pelatihan; 2) Pengembangan Program Mitigasi Bencana pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning di Kota Batu melalui konsep pembelajaran experiential learning yang mengarah pada Tahap pengalaman nyata, Tahap observasi reflektif, Tahap konseptualisasi, dan Tahap implementasi; dan 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan Program Mitigasi Bencana pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning di Kota Batu.

English Abstract

Disaster is a phenomenon that cannot be avoided by humans. This phenomenon can occur at any time, suddenly or through a process that takes place slowly wherever and whenever. The Regional Disaster Management Agency (BPBD) of Batu City as an agency responsible for natural and non-natural disasters needs to make several efforts to reduce the risk of disasters that occur. Disaster mitigation activities by BPBD of Batu City to developing disaster mitigation and awareness programs on disaster awareness for the level of elementary/madrasah schools in Batu City. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach located in Batu City, while the site is located in the Batu Disaster Management Agency (BPBD). The primary data source is obtained from several interviews from related informants, while the secondary data is obtained from documents related to the research topic. The technique of collecting data through observation, interviews and documentation. While the research instruments are the researchers themselves, and several supporting tools such as interview guidelines, and other tools. The results showed that the Development of a Disaster Mitigation Program in Experiential Learning-Based School Children in Batu City Regional Disaster Management Agency (BPBD) was seen from: 1) Implementation of the Mitigation Program that had been implemented by BPBD of Batu City which led to spatial planning, development arrangements, infrastructure and building arrangements, as well as the provision of education, counseling and training; 2) Development of Disaster Mitigation Programs in Experiential Learning-Based School Children in Batu City through the concept of experiential learning that leads to the stage of real experience, reflective observation stage, conceptualization stage, and implementation stage; and 3) Supporting and inhibiting factors in the development of Disaster Mitigation Programs in Experiential Learning-Based School Children in Batu City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1128/051900957
Uncontrolled Keywords: Bencana, Pengembangan Program, Penanggulangan Bencana-Disaster, Program Development, Disaster Management.
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.3 Other aspects of public safety > 363.34 Disasters
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:15
Last Modified: 25 Oct 2021 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165596
[thumbnail of M. Asyiq Abdurrahman.pdf]
Preview
Text
M. Asyiq Abdurrahman.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item