Inovasi Perizinan Reklame dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggo)

Aziz, Taufik Hiadayatul (2017) Inovasi Perizinan Reklame dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan kehidupan yang dinamis menuntut pemerintah untuk dapat memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari kondisi kehidupan yang cepat dan kompetitif. Pelayanan publik yang berkualitas secara nyata akan mendukung produktifitas masyarakat dalam pembangunan. Urusan bidang perizinan menjadi tugas penting pemerintah daerah untuk dilaksanakan secara efektif dan efisien. Adanya inovasi pelayanan dalam bidang perizinan merupakan salah satu instrumen penting guna meningkatkan kualitas pelayanan yang diinginkan. Kota Probolinggo sebagai salah satu daerah otonom di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam hal perdagangan dan investasi. Hal tersebut secara langsung akan berdampak pada jumlah permintaan pelayanan perizinan, sehingga pemerintah daerah harus bersikap responsif dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Probolinggo sebagai institusi pemerintah penyelenggara pelayanan perizinan harus mampu menjawab peluang ini dengan kinerja yang berkualitas dan inovatif. Penelitian ini adalah suatu penelitian berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) pelaksanaan pelayanan perizinan reklame, dan (2) inovasi pelayanan perizinan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Model Interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan tahapan; pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesmpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pelaksanaan pelayanan perizinan reklame dapat dilihat dari 4 (empat) aspek, yaitu (1) prosedur pelayanan; (2) persyaratan pelayanan; (3) biaya pelayanan, dan (4) waktu pelayanan. Semua aspek pelayanan perizinan reklame sudah menunjukkan pelaksaanan yang baik sesuai motto pelayanan, yakni cepat, mudah, transparan, dan pasti. Inovasi pelayanan perizinan dilakukan dalam 2 (dua) bentuk; (1) pelayanan secara online, (2) pelayanan jemput bola. Dua bentuk inovasi pelayanan tersebut mampu meningkatkan kualitas pelayanan meskipun masih perlu perbaikan dalam pelaksanaannya.

English Abstract

Dynamic development of life demand the government to provide public service quality. It is a consequence of fast and competitive living conditions. A quality public service will significantly support people's productivity in development. The affairs of the permission field become an important task of local government to be implemented effective and efficiently. The existence of service innovation in the field of permission is one important instrument in order to improve the quality of service desired. Probolinggo City as one of the autonomous region in Indonesia experienced a fairly rapid development in trade and investment. It will directly affect the number of permission service requests, so the local government should be responsive in improving the quality of service. DPM-PTSP of Probolinggo City as a government institution providing permission service must be able to answer this opportunity with quality and innovative performance. This research is a descriptive research with qualitative approach and limited by two research focus, that is (1) implementation of service of billboard permission, and (2) innovation of permission service. Data analysis used is data analysis of Interactive Model Miles, Huberman, and Saldana with stages; data collection, data condensation, data presentation, and conclusion drawing and verification. The result of the research show that the implementation of billboard permission service can be seen from 4 (four) aspects; (1) procedure of service; (2) term of service; (3) service cost, and (4) service time. All aspects of billboard permission service have shown good execution according to the motto of service; fast, easy, transparent, and definitely. Permission service innovation is done in 2 (two) forms; (1) online service, (2) pick up service. Two forms of service innovation are able to improve the quality of service although still need improvement in the implementation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1383/051807818
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan, Kualitas Pelayanan, Inovasi-Public Service, Permission Service, Service Quality, Inovation
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.8 Public administration of general forms of control > 352.84 Licensing, accreditation, certification, chartering, registration; incorporation
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 22 May 2019 06:52
Last Modified: 25 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165485
[thumbnail of Taufik Hiadayatul Aziz.pdf]
Preview
Text
Taufik Hiadayatul Aziz.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item