Pengaruh Kualitas Pelayanan Ragam Layanan Unggulan SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Karangploso)

Anggraini, Farah Dewi (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Ragam Layanan Unggulan SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Karangploso). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya ketidakpatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Selain itu, lokasi tempat pembayaran pajak yang jauh membuat Wajib Pajak kurang berminat untuk membayar pajak. Sehingga pemerintah membuat inovasi dengan beberapa layanan unggulan SAMSAT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor di wilayah kerja SAMSAT Karangploso dan mengetahui perbedaan signifikan tiga layanan unggulan SAMSAT tersebut. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan survey dengan kuisioner. Sampel dari penelitian ini adalah 299 Wajib Pajak kendaraan bermotor yang menggunakan layanan unggulan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan ANOVA satu arah. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana kualitas pelayanan yang berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak secara berurutan adalah kualitas layanan SAMSAT Keliling, SAMSAT Payment Point dan terakhir adalah SAMSAT On The Spot. Sedangkan berdasarkan hasil analisis varian One-Way ANOVA bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kepatuhan WP antara layanan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot. Namun, kualitas pelayanan pada layanan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi lembaga pemerintah terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan terus memunculkan inovasi sehingga dapat menekan ketidakpatuhan Wajib Pajak. Selain itu, penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan selanjutnya.

English Abstract

The research is motivied by the existance of non-compliance taxpayer in paying motor vehicle tax. Moreover, the location of tax payment that is far away makes the tax payer less interested in paying taxes. So that, the government makes innovation with several superior SAMSAT service. The purpose of study is to find out the influence of service quality of SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, and SAMSAT On The Spot toward level of compliance Taxpayer motor vehicle in SAMSAT Karangoploso working area and the significant differentiation of superior service of SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, and SAMSAT On The Spot. The type of research which is applied in this study is causal comparative research with quantitative approach in which techniques that is used to collect the data are questionaire. The specimen of this study is 299 motor vehichle taxpayer which is taking superior service of SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, and SAMSAT On The Spot. The data analysis is using simple linear regression analysis and One-way ANOVA. Based on simple linear regression analysis results of service quality that has a big influence toward taxpayer sequantially is SAMSAT Keliling, SAMSAT Payment Point and the last is SAMSAT On The Spot service quality. While based on ANOVA analysis shows that SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, and SAMSAT On The Spot service between level of taxpayer compliance has significant difference. However, the service quality of SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, and SAMSAT On The Spot have no significant difference. This research is expected to be a consideration for relevant government agencies to improve service quality and continue to bring innovation so that it can supress taxpayers’ non-complience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1026/051811758
Uncontrolled Keywords: Layanan Unggulan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot Superior Service, Service Quality, Motor Vehicle Taxpayer Compliance.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jul 2019 02:35
Last Modified: 18 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165415
[thumbnail of Farah Dewi Anggraini.pdf]
Preview
Text
Farah Dewi Anggraini.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item