Implementasi Kebijakan Pajak Hiburan atas Penyelenggaraan Usaha Fitness Center (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Girindrawardana, Brandon (2018) Implementasi Kebijakan Pajak Hiburan atas Penyelenggaraan Usaha Fitness Center (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menganalisis implementasi kebijakan Pajak Hiburan dan menganalisis faktor pendukung ndan penghambat implementasi kebihajakan Pajak Hiburan atas penyelenggaraan usaha Fitness Center di wilayah Kota Malang selama tahun 2015. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi explanatory research. Lokasi penelitian dilakukan di Fitness Center Kota Malang, dan Dispenda Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah a) Mengetahui Latar belakang atau kepentingan yang terpengaruhi oleh kebijakan pajak hiburan atas usaha Fitness Center di wilayah Kota Malang pada tahun 2015; b) Jenis manfaat yang akan dihasilkan yaitu mengenai Pajak sebagai hal yang penting dalam melaksanakan pembangunan negara dan untuk mensejahterakan masyarakat; c) Adanya tindakan yang nyata terkait dengan pelaksanaan kebijakan dilapangan misalnya adanya koordinasi dan diskusi dengan pihak-pihak terkait seperti KPP Pratama Malang, Kanwil DJP Kota Malang, maupun dengan pihak Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri; d) Derajat perubahan yang diinginkan. Dengan adanya kebijakan tersebut, menjadikan adanya peningkatan kerjasama antar pegawai Dispenda Kota Malang dalam meningkatkan kinerjanya yakni dalam hal menjalankan, membimbing, serta menciptakan suasana yang menunjang dengan masyarakat; e) Kedudukan pembuat kebijakan; f) Aktor pelaksana program. Aktor pelaksana program dalam hal ini yakni pegawai Dispenda Kota Malang; g) Sumber daya yang dikerahkan. Sumber Daya yang dikerahkan dalam pemungutan pajak hiburan di Kota Malang yakni pegawai di Dispenda bidang penagihan Kota Malang. Dalam Implementasi kebijakan pajak hiburan atas usaha Fitness Center di wilayah Kota Malang pada tahun 2015 terdapat beberapa faktor pendukung yaitu: 1) Koordinasi yang intensif yang dilakukan pemerintah instansi perpajakan Kota Malang terkait dengan penarikan atas pajak hiburan; 2) Intensifnya komunikasi yang dibangun dengan diadakannya sosialisasi tentang kebijakan pajak hiburan terkait dengan Fitness Center di Kota Malang; 3) Pemerintah telah melakukan upaya-upaya dengan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pajak. Faktor penghambat: 1) Kurangnya kesadaran bagi sebagian palaku usaha Fitness Center wilayah Kota Malang dalam membayar pajak hiburan atas usahanya; 2) Kurangnya tindakan yang tegas pada sebagian pelaku usaha Fitness Center di Kota Malang yang tidak taat pada kebijakan.

English Abstract

Tax Policy, Entertaniment Tax, Fitness Center Business

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1021/051811753
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pajak Hiburan, Usaha Fitness Center Tax Policy, Entertaniment Tax, Fitness Center Business
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jul 2019 07:18
Last Modified: 18 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165406
[thumbnail of Brandon Girindrawardana.pdf]
Preview
Text
Brandon Girindrawardana.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item