Pelaksanaan Pelayanan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi Melalui Sistem E-Registration (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Hermawati, Vina (2018) Pelaksanaan Pelayanan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi Melalui Sistem E-Registration (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu fungsi utama dan kegunaan pajak antara lain, membiayai pengeluaran pemerintah dan pembangunan. Menciptakan kesejahteraan masyarakat yang adil dan berkelanjutan, tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya Direktorat Jenderal Pajak melakukan reformasi administrasi perpajakan dengan menerapkan e-Goverment. Tujuan penerapan e-Goverment dalam bidang perpajakan ini untuk mempermudah penyelenggaraan pelayanan dengan menggunakan kemajuan teknologi berbasis sistem elektronik. Salah satu penerapannya pada pelayanan permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi melalui sistem e-Registration. Sistem e-Registration merupakan sistem pendaftaran wajib pajak dan pengukuhan pengusaha kena pajak melalui jaringan internet serta terhubung langsung secara online dengan Direktorat Jenderal Pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan e-Goverment pada KPP Pratama Malang Selatan serta hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori mengenai indikator penerapan e-Goverment (Indrajit,2005) yang meliputi Content Development,Competency Building, Connectivity, Cyber Law, Citizen Interfaces, dan Capital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang diperoleh dari Kota Malang sebagai lokasi penelitian serta Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan yang menjadi situs penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi melalui sistem e-Registration belum berjalan secara optimal hal ini dikarenakan masih banyaknya wajib pajak yang memilih mendaftar melalui manual daripada e-Registration. beberapa Beberapa indikator belum terlaksana secara optimal. Maka rekomendasi penelitian ini adalah memaksimalkan beberapa kegiatan di KPP Pratama Malang Selatan antara lain: peningkatan pelatihan dan pengembangan kompetensi pegawai, peremajaan infrastruktur Informasi dan Komunikasi, dan pemanfaatan sosial media, media cetak, serta kerjasama dengan pihak ketiga sebagai sarana publikasi agar dapat memberikan kemudahan informasi mengenai prosedur, serta pemahaman mengenai sistem e-Registration tersebut.

English Abstract

One of the main function and utility of tax is finance the government spending and development. To create a fair and sustainable public welfare, certainly takes a lot of time and cost. So that, in case of increasing taxpayer compliance to fulfill the tax obligations, Directorate General of Taxation executes a reformation of tax administration by implementing e-Government. Aim of e- Government implementation in taxation field is to simplify the service management using technology advances based on electronic system. One of the implementation is on the registration application service of Personal Taxpayer Identification Number Registration Service through e-Registration system. ERegistration system is a taxpayer registration system and achievement of businessman redemption through internet network also connected directly by online to Directorate General of Taxation. Aim of this study is to know how is the implementation of e-Government on Pratama Tax Office in South Malang also the obstacles that experienced in the implementation. This study is using a theory about indicator of e-Government implementation (Indrajit, 2005) that consist Content Development, Competency Building, Connectivity, Cyber Law, Citizen Interfaces, and Capital. This study is using qualitative approach with descriptive method. Data collection method used in this study are observation, interview and study documentation that obtain from Malang City as a research location also Pratama Tax Office in South Malang that is being a research sites. The study result shows that the implementation of personal taxpayer identification number registration service through e-Registration system has not worked optimally, it is because there are still a lot of taxpayer that choose to register manually rather than using e-Registration. Some of the indicator has not been implemented optimally. So that this study recommendation is to maximizing some of the activities in Pratama Tax Office in South Malang such as: increasing employee training and competency development, rejuvenation of information and communication infrastructure, and social media utilization, print media, also cooperate with the third party as a publication tool in order to give an ease of information about the procedure, also comprehension about e-Registration system itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/936/051811022
Uncontrolled Keywords: -Perpajakan
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:35
Last Modified: 23 Oct 2021 05:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165380
[thumbnail of Vina Hermawati.pdf]
Preview
Text
Vina Hermawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item