Analisis Strategi Bauran Pemasaran dan Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Untuk Mempertahankan Pangsa Pasar (Studi pada Fajar Indah Furniture)

Faza, Reva Hasna Nur (2018) Analisis Strategi Bauran Pemasaran dan Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Untuk Mempertahankan Pangsa Pasar (Studi pada Fajar Indah Furniture). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi menuntut perusahaan untuk dapat menunjukkan kompetensinya seiring dengan tingkat persaingan yang semakin kompleks. Perusahaan domestik mulai membuka dirinya dan harus tanggap dengan situasi global untuk dapat bersaing dan mempertahankan pangsa pasarnya di pasar internasional. Strategi yang inovatif sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan dalam perdagangan internasional. Salah satu alternatf perusahaan adalah ekspor yang mana digunakan oleh Fajar Indah Furniture. Fajar Indah melakukan ekspor furniture yang mana merupakan satu komoditas terbesar bagi Indonesia. Fajar Indah Furniture memasuki pasar luar negeri yang mana memiliki cukup banyak kompetitor dalam penjualan produk yang serupa di negara serupa. Fajar Indah Furniture mengekspor produknya ke beberapa negara, seperti Spanyol, Belanda, Inggris, Taiwan, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bauran pemasaran dan STP yang diimplementasikan Fajar Indah Furniture dalam mempertahankan pangsa pasarnya. Penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk dalam metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memiliki sumber data yang bersifat primer dan juga sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.. Penelitian ini menggunakan triangulasi data untuk menunjang keabsahan data yang ada, di mana bertujuan untuk menguji kredibilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fajar Indah Furniture mengimplementasikan strategi bauran pemasaran dalam mempertahankan pangsa pasar ekspor; strategi produk yang diinovasi melalui permintaan buyers, strategi harga dengan mengurangi kubikasi kayu yang ada, strategi promosi baik online maupun offline dan juga strategi distribusi dalam mengirim produk ke negara buyers. Fajar Indah juga mengimplementasikan strategi STP (segmentimg, targeting, positioning). Segmentasi didasarkan pada demografis dan psikografis, target pasar merujuk pengusaha menengah ke atas, serta positioning mengacu pada inovasi dan diferensiasi produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunya peningkatan kualitas produk, peningkatan kerjasama antara supplier dan perusahaan, perluasan pasar ekspor, dan juga riset pasar.

English Abstract

The era of globalization requires companies to be able to demonstrate their competences along with the increasingly complex levels of competition. The company must start to open themselves up and be responsive to the global situation to be able to compete and maintain the market share internationally. Innovative strategies are needed by companies to achieve goals in international trade. One common strategy is export which is used by Fajar Indah Furniture in Jepara, Indonesia. Fajar Indah exports furniture which is one of the biggest commodities in Indonesia. Fajar Indah Furniture entered the foreign market which has quite a number of competitors in selling similar products in similar countries. Fajar Indah Furniture exports its products to several countries, such as Spain, the Netherlands, England, Taiwan, and many more. This study aims to determine and analyze the marketing mix and STP strategies implemented by Fajar Indah Furniture in maintaining its market share. This research is based on the objectives included in the descriptive research method using a qualitative approach. This research uses primary and secondary data, which carried out by observation, interviews and documentation as a data collection method. This study uses data triangulation to support the validity of existing data, which aims to test its credibility. The results showed that Fajar Indah Furniture implemented a marketing mix strategy to maintain export market share; product strategies that were innovated through buyers' requests, pricing strategies by reducing existing cubication of wood, promotion strategies both online and offline and also the distribution strategy in sending products to buyer countries. Fajar Indah also implemented the STP strategy (segmentimg, targeting, positioning). The segmentation is based on demographic and psychographic, the target refers to middle to upper entrepreneurs, and positioning refers to product innovation and differentiation. This study concludes that Fajar Indah needs improvement in product quality, cooperation with the suppliers, expansion in export markets, and market research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1209/051901625
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Strategi STP (Segmenting, Targetig, Positioning), ekspor, furniture, kerajinan/handicraft Marketing mix strategy, STP strategy, export, furniture, handicraft
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:18
Last Modified: 18 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165352
[thumbnail of Reva Hasna Nur Faza.pdf]
Preview
Text
Reva Hasna Nur Faza.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item