Budiarti, Lita (2018) Pengaruh Label Halal, Exposure, Dan Health Terhadap Halal Awareness Dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kfc Cabang Kawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Menurut hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2016 jumlah penduduk Indonesia yang memeluk agama Islam kurang lebih 207.176.162 jiwa atau sekitar 87,18 %. Data BPS tahun 2016 juga menunjukkan salah satu kota dengan jumlah masyarakat beragama Islam 895.387 juta jiwa atau sekitar 88% yaitu masyarakat Kota Malang. Hal ini berpengaruh terhadap budaya dari tuntunan agama yaitu pola konsumsi. Pola konsumsi masyarakat yang beragam mengakibatkan pengaruh terhadap perusahaan makanan berupaya melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas dalam menciptakan suatu diferensiasi produk, termasuk perusahaan restoran siap saji. Di Kota Malang ada berbagai restoran siap saji dari brand asing seperti KFC, McDonald’s, Wendy’s, Pizza Hut dll. KFC merupakan salah satu restoran yang sudah terkenal dengan produk unggulan ayam goreng cepat saji yang sudah memiliki banyak pelanggan setia dengan resep rahasia yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode PLS (Partial Least Square) dengan responden yang digunakan sebanyak 100 orang dengan ketentuan pernah mengkonsumsi produk KFC selama 6 bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung antara variabel independen dan variabel dependen pada variabel label halal terhadap halal awareness dengan nilai koefisien sebesar 0.228. Variabel exposure terhadap halal awareness dengan nilai koefiesien sebesar 0.447. Pada variabel health vi terhadap halal awareness memiliki nilai koefisien sebesar 0.239. Untuk variabel halal awareness terhadap keputusan pembelian memiliki nilai koefisien sebesar 0.185. Pada variabel label halal terhadap keputusan pembelian memiliki nilai koefisien sebesar 0.195. Variabel exposure terhadap keputusan pembelian memiliki nilai koefisien sebesar 0.326. Pada variabel health terhadap keputusan pembelian memiliki nilai koefisien sebesar 0.207. Pengaruh langsung antara variabel independen dan variabel dependen memiliki pengaruh yang signifikan dan positif, dibuktikan dengan nilai koefisien jalur yang positif dan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Pada uji mediasi diperoleh nilai direct effect label halal terhadap keputusan pembelian melalui halal awareness sebesar 0.042. Pada uji mediasi untuk variabel exposure terhadap keputusan pembelian melalui halal awareness memiliki nilai direct effect sebesar 0.082, sedangkan pada uji mediasi variabel health terhadap keputusan pembelian melalui halal awareness memiliki nilai direct effect sebesar 0.044. Keseluruhan hasil yang didapatkan positif, artinya terdapat pengaruh secara tidak langsung antara variabel independen dan variabel dependen.
English Abstract
Indonesia is the country with the largest Muslim population in the world. According to the results of the population census of the Central Statistics Agency (BPS), in 2016 the number of Indonesians who converted to Islam amounted to approximately 207,176,162 people or around 87.18%. BPS in 2016 also shows one city with a total Muslim community of 895,387 million people or around 88% of the people of Malang City. This certainly has an influence on one culture that originates from religious guidance is consumption patterns. Diverse public consumption patterns have resulted in influences on food companies trying to innovate and increase creativity in creating a product differentiation, including fast-food restaurant companies. In Malang City there are various fast food restaurants from foreign brands such as KFC, McDonald’s, Wendy’s, Pizza Hut etc. KFC is one restaurant that is well known for its superior fast-food fried chicken products that already have many loyal customers with their secret recipes. This study uses PLS (Partial Least Square) method with respondents used as many as 100 people with the provision that they have consumed KFC products for the past 6 months. The results showed that the direct influence between the independent variable and the dependent variable on the halal label variable on halal awareness with a coefficient value of 0.228. Exposure variable to halal awareness with coefficient value is 0.447. The health variable on halal awareness has a coefficient value of 0.239. For the halal awareness variable on the purchase decision has a coefficient of 0.185. The halal label variable on viii purchasing decisions has a coefficient of 0.195. Exposure variables to purchasing decisions have a coefficient of 0.326. The health variable on the purchase decision has a coefficient of 0.207. The direct effect between the independent variable and the dependent variable has a significant and positive effect, as evidenced by the positive path coefficient value and the tcount value is greater than the ttable value. In the mediation test, it was obtained the halal direct effect label value on the purchase decision through halal awareness of 0.042. In the mediation test for exposure variables on purchase decisions through halal awareness has a direct effect value of 0.082, while the mediation test of health variables on purchasing decisions through halal awareness has a direct effect value of 0.044. The overall results obtained are positive, meaning that there is an indirect effect between the independent variable and the dependent variable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/574/051811364 |
Uncontrolled Keywords: | Exposure, Health, Halal Awareness, Keputusan Pembelian, Label Halal. |
Subjects: | 200 Religion > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.4 Sufism (Islamic mysticism) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 01:35 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 07:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165324 |
![]() |
Text
Lita Budiarti.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |