Herlambang, Ghiffari (2017) Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM (Studi Pada Sentra UKM Meubel di RW 01 dan 02, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UKM merupakan salah satu penopang perekonomian suatu Negara, termasuk UKM dari Indonesia. Provinsi Jawa Timur memiliki banyak UKM dan salah satu Kota yang memiliki banyak UKM adalah Kota Malang. UKM meubel yang terdapat di Kelurahan Tunjungsekar merupakan salah satu UKM unggulan di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja UKM secara simultan dan parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang responden , yaitu para pemilik UKM meubel yang berada di Kelurahan Tunjungsekar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling jenis sampling total (jenuh) karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa orientasi pasar (X1) berpengaruh, tetapi tidak signifikan terhadap kinerja UKM (Y) yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,742 > 0,1. Sedangkan untuk variabel inovasi produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja (Y) yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,098 < 0,1. Orientasi Pasar (X1) dan Inovasi Produk (X2) memiliki pengaruh secara bersama – sama terhadap kinerja UKM (Y) dengan nilai R2 sebesar 17%.
English Abstract
SMEs is one of the buttresses the economy of a country, including SMEs from indonesia. East java province having many SMEs and one city that has many smes is the city of Malang. Smes furniture that was found in kelurahan tunjungsekar is one seed smes in the town of malang. This research aims to analyze the impact of market orientation and product innovation on SMEs performance against the simultaneous and partial. This type of research is explanatory research with quantitative approach. Sample in this study as many as 33 people respondent, namely the owners of SMEs furniture that was in the Kelurahan Tunjungsekar. Sampling techniques in the study using a non probability sampling of sampling type total (saturated) because all members of the population used as samples. Method of collecting data using a detailed questionnaire. Data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression analysis The result of the analysis linear regression multiple shows that the market orientation (X1) insignificant effect on performance of SME (Y) shown with probability values (sig) of 0.1 > 0.742. As for the variable product innovation (X2) effect significantly to performance (Y) shown with probability values (sig) of 0.098 < 0.1. Market orientation (X1) and Innovation Product (X2) having influence together on SMEs Performace (Y) with value of R2 by 17%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/767/051708454 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja UKM Market Orientation, Product Innovation, SMEs Performance |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 08:29 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 02:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165318 |
Preview |
Text
Ghiffari Herlambang.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |