Implementasi SAMSAT Payment Point dalam Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang)

Rizki, Mutiah (2018) Implementasi SAMSAT Payment Point dalam Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bentuk upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan pajak kendaraan bermotor yang meliputi pelayanan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di tempat-tempat pusat keramaian yang mudah diakses masyarakat. Layanan unggulan SAMSAT Payment Point memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yaitu dengan meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya bagi masyarakat pengguna jasa layanan; mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap biro jasa atau calo; menjamin adanya kepastian waktu dan transparansi biaya pelayanan serta membagi beban tugas pelayanan yang semula terkonesnterasi pada Kantor Bersama SAMSAT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis data model Miles, M.B., A. Michael Huberman dan Johny Saldana. Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian, yakni: 1. Implementasi Layanan SAMSAT Payment Point dalam meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kota Malang serta 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi layanan SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang. Hasil penelitian ini mendeskripsikan SAMSAT Payment Point dalam meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kota Malang, upaya yang dilakukan dalam layanan ini berupa penyederhanaan syarat pembayaran pajak kendaraan bermotor, penyederhanaan mekanisme pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan layanan unggulan SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang meliputi kinerja serta kerjasama yang baik oleh para sumber daya penyedia layananSAMSAT Payment Point, pos layanan SAMSAT Payment Point yang mudah dijangkau dan lokasi layanan yang strategis sementara faktor penghambat yaitu fasilitas yang masih kurang baik, terbatasnya jenis pelayanan yang diberikan serta pengetahuan masyarakat yang masih terbatas mengenai SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang.

English Abstract

Forms of effort that are done in order to improve the services that is given to the taxpayers include the vehicle registration certificate validation service, motor vehicle’s tax payment service and Mandatory Contribution of Road Traffic Accident Funds in strategic and crowded places. SAMSAT’s Superior Service Payment Point aims to improve the service’s quality to the taxpayers by improving the efficiency of time, energy and the fee for the taxpayers and lessen the dependency over the brokers, ensure the time certainty and the fee transparency also distributing the main task of the Central Office of SAMSAT. This research uses descriptive research type with qualitative approach and the data analysis method by Miles, M.B., A. Michael Huberman and Johny Saldana. This research has two focuses, those are: 1. The Implementation of SAMSAT Payment Point’s Service in improving The Services to Taxpayer in Kecamatan Klojen Malang City and 2. Supporting and inhibiting factor in SAMSAT’s Superior Service Payment Point Implementation Alun-Alun Malang. The result of this study describes the implementation of SAMSAT’s Superior Service Payment Point in improving services to the taxpayers in Malang, the efforts that are done by this service are a simplification of motor vehicle taxation requirements, improvement of payment mechanism and procedure with the service’s achievements. Furthermore, the factors that support the success of this service also include the good cooperation between the service provider resources, close distance between the SAMSAT Payment Point compared to the SAMSAT’s center office, and the SAMSAT’s Payment Point location that is strategic. While the obstacles of this services are the working performance of some facilities that don’t work properly, the limited types of services that are being provided in SAMSAT Payment Point Alun- Alun Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1012/051811744
Uncontrolled Keywords: Implementasi, SAMSAT Payment Point, Program Implementation, SAMSAT Payment Point, Program
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:08
Last Modified: 18 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165267
[thumbnail of Mutiah Rizki.pdf]
Preview
Text
Mutiah Rizki.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item