Herman, Alizha Safitri (2018) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Organik Melalui Media Sosial Instagram Di Sayurbox Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permintaan sayuran organik semakin diminati oleh masyarakat modern. Kini hampir sebagian masyarakat modern di Indonesia menggunakan media sosial sebagai alat untuk mendapatkan informasi. Tidak hanya masyarakat saja, namun para pelaku bisnis memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat untuk mempromosikan produk yang ditawarkan dengan menggunakan instagram. Salah satu cara untuk mempromosikan produk yang ditawarkan adalah melalui Electronic Word of Mouth pada konsumen sayuran organik yang sudah pernah membeli dan menggunakan instagram. Electronic Word of Mouth diakui dapat menarik minat konsumen sayuran organik sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen sayuran organik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan variabel Intensitas, Valensi Berpendapat, Konten dan Keputusan Pembelian pada konsumen sayuran organik di akun instagram @sayurbox dan (2) menganalisis pengaruh variabel Intensitas, Valensi Berpendapat dan Konten terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen sayuran organik di akun instagram @sayurbox. Penelitian ini dilakukan di Sayurbox pada bulan Agustus – September 2018. Total responden pada penelitian ini sebesar 70 responden dan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan berupa link kuesioner kepada responden melalui direct message di instagram. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth pada variabel Intensitas dan Konten memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen sayuran organik di @sayurbox, jika dilihat dari variabel intensitas hubungan konsumen dengan konsumen lain sangat penting karena dengan adanya hubungan tersebut konsumen akan lebih berhati-hati dalam memilih suatu produk. Dilihat dari variabel konten konsumenii cenderung membuat keputusan beradasarkan isi dari akun instagram @sayurbox seperti informasi mengenai harga, kualitas dan varian produk yang ditawarkan. Berdasarkan pada penelitian ini pengaruh terbesar pada variabel konten adalah kualitas produk yang ditawarkan Sayurbox sangat bagus sehingga konsumen memutuskan untuk membeli sayuran organik di Sayurbox. Sementara variabel valensi berpendapat tidak terdapat hubungan dengan keputusan pembelian pada konsumen sayuran organik di @sayurbox. Hal tersebut dikarenakan tidak semua konsumen percaya dengan pendapat dari orang lain apalagi yang belum dikenali, selain itu dilihat dari tingkat pendidikan konsumen pada penelitian ini memang cukup tinggi sehingga banyak konsumen yang mencari informasi mengenai sayuran organik melalui website resmi Sayurbox, akun instagram @sayurbox, majalah, televisi atau buku mengenai sayuran organik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth melalui media sosial instagram adalah salah satu cara yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian.
English Abstract
The demand for organic vegetables is increasingly in demand by modern society. Nowadays it is very modern in Indonesia to use social media as a tool to get information. Not only people, but entrepreneur use information and communication technology as a tool to promote products offered by using Instagram. One way to promote Word of Mouth Electronics is for organic vegetable consumers who have already bought and used Instagram. Electronic Word of Mouth can attract consumers of organic vegetables can affect the purchase results of organic vegetable consumers. The Singer's research for review aims (1) to describe the variables of Intensity, Opinion, Content and Purchasing Decisions on consumers of organic vegetables on the @sayurbox Instagram account and (2) analyze the influence of Intensity, Valence and Content on Purchase Decisions on the consumer of organic vegetables in the account Instagram @sayurbox. This research was located in Sayurbox in August - September 2018. The number of respondents in this study was 70 respondents and the data collection technique used an online questionnaire distributed in the form of connecting questionnaires to respondents through direct messages on instagram. Data were analyzed using the SEM-PLS method with the help of SmartPLS version 3.0 software. The results of this study indicate that Electronic Keywords on Intensity and Content variables have a significant positive relationship to purchasing decisions on the internet, where consumers will be very different from them. more careful in product quality. Benefit from the content of positive information making decisions from the @sayurbox Instagram account such as information about prices, quality and product variants offered. Based on this research contentiv diversion is the quality of the products offered. Sayurbox is great for consumers at Sayurbox. While the intellectual valence variable has nothing to do with purchasing decisions on organic vegetables at @sayurbox. This is because not everyone believes in other people who have not been recognized, because it is not enough for many people who seek information from organically through the official Sayurbox website, @sayurbox, magazine, television or books about organic vegetables. This research shows that Electronic Word of Mouth through Instagram social media is one of the effective ways to influence the results of purchase
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/943/051900912 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 10 May 2019 06:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165235 |
Preview |
Text
Alizha Safitri Herman.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |