Puspitaningtyas, Oky Kurnia (2018) Perencanaan Strategi Pemasaran Feed Supplement Unggas Dengan Analisis Swot Dan Model Multi Attribute Utility Theory (Maut) (Studi Kasus Cv Wira Wiri Sukses Feed, Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
CV WWS Feed merupakan perusahaan pakan unggas di Kabupaten Blitar yang memproduksi feed supplement unggas. Namun, pemasaran produknya masih menghadapi berbagai masalah seperti produk belum dikenal pasar secara luas, volume penjualan belum mencapai target, dan adanya pesaing dengan produk sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dalam mempengaruhi pemasaran feed supplement unggas, menganalisis alternatif strategi yang tepat untuk memasarkan feed supplement unggas, serta menentukan prioritas strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan model MAUT dengan fungsi utilitas MAUT additive dan menggunakan atribut biaya, waktu, infrastruktur, dan pendapat pengusaha atau pakar. Kuesioner yang digunakan meliputi kuesioner penentuan bobot, rating, dan MAUT dengan responden pemilik, dua orang agen pemasaran, dua orang peternak, serta satu orang dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi kekuatan adalah kualitas produk terjamin dengan skor sebesar 0,5151 dan dari segi kelemahan adalah nama merek produk belum dikenal luas dengan skor sebesar 0,0955. Faktor eksternal yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi peluang adalah adanya kredit usaha dengan skor sebesar 0,3550 dan dari segi ancaman adalah peternak kurang percaya terhadap produk dengan skor sebesar 0,1426. Berdasarkan matriks IE, nilai IFE sebesar 2,51 dan nilai EFE sebesar 2,30 berada pada sel ke-V yaitu pada situasi pertahankan dan pelihara. Alternatif vii strategi pemasaran feed supplement unggas dari CV WWS Feed antara lain memperluas jaringan pemasaran (ST1), meningkatkan kapasitas produksi (ST2), meningkatkan kegiatan promosi (ST3), meningkatkan teknologi mesin produksi (ST4), mempertahankan kualitas produk (ST5), menjaga hubungan dengan pelanggan (ST6), meningkatkan kerjasama dengan pemasok (ST7), dan membangun kerjasama dengan distributor (ST8). Prioritas strategi pemasaran feed supplement unggas antara lain memperluas jaringan pemasaran (ST1) dengan nilai utilitas total sebesar 0,86, meningkatkan kegiatan promosi (ST3) dengan nilai utilitas total sebesar 0,82, dan mempertahankan kualitas produk (ST5) dengan nilai utilitas total sebesar 0,69.
English Abstract
CV WWS Feed is poultry feed company in Blitar Regency that produce poultry feed supplement. But, the marketing of its products still faces various problems such as the product is not yet widely known to the market, sales volume has not reached the target, and there are competitors with similar products. The purpose of this research are analyze internal factors and external factors that influence the marketing of poultry feed supplement, analyze the right alternative strategies to market poultry feed supplement, and determine the priorities of marketing strategic. This study are using SWOT analysis and MAUT model with utility functions of MAUT additive and attributes were used are cost, time, infrastructure, and opinion of businessman or experts. The questionnaires were used to determine the weight, rating, and MAUT with the respondent are an owner, two marketing people, two breeders, and one from Department of Animal Husbandry and Fisheries of Blitar Regency. The results showed that internal factors had the greatest influence on marketing of poultry feed supplement in terms of strength is guaranteed product quality with a score of 0.5151 and in terms of weakness is the product brand name is not yet widely known with a score of 0.0955. External factors that had the greatest influence on marketing of poultry feed supplement in terms of opportunity is the existence of business loans with a score of 0.3550 and in terms of threat is breeders who lack confidence in the product with a score of 0.1426. Based on the IE matrix, the IFE value is 2.51 and the EFE value is 2.30, which is in the fifth cell, which is the situation of hold and maintain. Alternative of marketing strategic for poultry feed supplement from the CV WWS Feed includes expanding the marketing ix network (ST1), increasing production capacity (ST2), increasing promotional activities (ST3), improving production machine technology (ST4), maintaining product quality (ST5), maintaining relationships with customer (ST6), increase cooperation with suppliers (ST7), and build cooperation with distributors (ST8). Priority of the marketing strategic for poultry feed supplement includes expanding the marketing network (ST1) with a total utility value of 0.86, increasing promotional activities (ST3) with a total utility value of 0.82, and maintaining product quality (ST5) with a total utility value of 0.69.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/450/051810128 |
Uncontrolled Keywords: | Feed Supplement, Pakan Unggas, Strategi Pemasaran,/ Feed Supplement, Poultry Feed, Marketing Strategic |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 May 2019 03:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 07:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165122 |
Text
Oky Kurnia Puspitaningtyas.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |