Pemetaan Bathimetri untuk Menentukan Status Kelayakan Kolam Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang

Budiyanto, Dicky (2018) Pemetaan Bathimetri untuk Menentukan Status Kelayakan Kolam Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Tanjung Emas adalah pelabuhan yang berjenis Gate Way Port sehingga tidak hanya disinggahi oleh kapal-kapal domestik tetapi juga kapal-kapal samudera atau kapal-kapal asing dari berbagai negara di seluruh dunia. Pada tahun 2016, sebagian pelabuhan seperti kolam Pelabuhan Dalam dan alurnya terindikasi mengalami pendangkalan. Pendangkalan terjadi akibat dari kegiatan perubahan tata letak dermaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status kelayakan kolam pelabuhan dengan membandingkan kedalaman kolam pelabuhan dengan standard kedalaman PT. Pelabuhan Indonesia III. Nilai hasil pengukuran kedalaman pada kolam pelabuhan dermaga Pelabuhan Dalam 1 dan 2 berkisar antara 0,3 m – 7,7 m dengan rata-rata 4,71 m, dermaga Pelabuhan Dalam Multipurpose berkisar antara 1,1 m – 7,6 m dengan rata-rata 5,98 m, Alur berkisar antara 2 m – 7,6 m dengan rata-rata 5,34 m. Nilai pasang surut berkisar antara 0,46 m – 0,63 m dengan nilai bilangan Formzahl sebesar 2,13 sehingga tipe pasang surut pada wilayah kajian adalah campuran condong ke harian tunggal. Dari hasil analisis kelayakan diketahui bahwa ketiga kolam Pelabuhan Dalam dan alurnya tidak layak untuk beroperasi, karena memiliki kedalaman yang lebih dangkal dari standard yang ada. Kolam pelabuhan yang tidak layak harus dikeruk sesuai dengan standard yang ada, agar mendapatkan kedalaman kolam pelabuhan yang optimal. Hasil perhitungan volume keruk kolam dermaga Pelabuhan Dalam 1 dan 2 sebesar 15.367,2 m3, kolam dermaga Pelabuhan Dalam Multipurpose sebesar 3.782,7 m3, dan Alur sebesar 96.909,2 m3. Total volume material yang harus dikeruk di wilayah kajian sebesar 116.553,3 m3.

English Abstract

Tanjung Emas is a Gate Way Port that is not only visited by domestic ships but also ocean vessels or foreign vessels from various countries around the world. In 2016, few parts of port such as Pelabuhan Dalam pool and the waterways were indicated to experience siltation. Siltation in Pelabuhan Dalam happen as a result of changing activities in dock layout. This study aims to analyze the expediency status of the port pool by comparing the depth of the pool with PT. Pelabuhan Indonesia III standard. The results of the depth measurement at the pool of Pelabuhan Dalam 1 and 2 ranges from 0.3 m - 7.7 m with an average of 4.71 m, the depth values at pool of Pelabuhan Dalam Multipurpose ranged from 1.1 m - 7.6 m with an average 5.98 m, the depth value of Pelabuhan Dalam Waterways ranged from 2 m - 7.6 m with an average of 5.34 m. Tidal values ranged from 0.46 m - 0.63 m with the value of the Formzahl number is 2.13 so the type of tide in the study area is a Mixture Prevailing Diurnal Tide. From the results of the expediency analysis, it is known that the all of Pelabuhan Dalam pools and waterways are not expedience to operate, because they have a shallower depth than the existing standard. Pelabuhan Dalam pool must be dredged in order to obtain optimal port pool depth. The results of the calculation of the dredging volume of the Pelabuhan Dalam 1 and 2 was 15,367.2 m3, the pool of Pelabuhan Dalam Multipurpose was 3,782.7 m3, and the waterways was 96,909.2 m3. The total volume of material to be dredged in the study area was 116,553.3 m3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/953/051811993
Uncontrolled Keywords: Studi Kelayakan, Pelabuhan, TIN, Pemetaan, Batimetri-Expediency Study, Port, TIN, Mapping, Bathymetry
Subjects: 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.1 Ports
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2019 08:02
Last Modified: 23 Oct 2024 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165060
[thumbnail of Dicky Budiyanto.pdf] Text
Dicky Budiyanto.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item