Krisnawan, Kadek Anggi (2018) Analisis Business Model Canvas Pada Atabali Dengan Menggunakan Pendekatan Kerangka Kerja Empat Langkah Blue Ocean Strategy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model binis kanvas yang dijalankan oleh Atabali untuk memperoleh model bisnis yang baru melalui kerangka kerja empat lengkah (hapuskan, kurangi, ciptakan, tingkatkan) yang dimiliki oleh Blue Ocean Strategy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil dari analisis diketahui bahwa Atabali sebagai pemain dalam industri ekspor tas ata dan rotan sedang berada di red ocean. Oleh karena itu, inovasi nilai diperlukan oleh Atabali agar dapat menciptakan posisi yang strategis di dalam sebuah industri. Dari model bisnis Atabali yang baru dapat dilihat bahwa Atabali lebih baik tidak melanjutkan penjualan dalam negeri, dan lebih fokus bergerak sebagai whole seller tas ata dan ratan yang mengedepankan kualitas produk dan layanannya bagi pelanggan-pelanggan internasional, dengan penciptaan inovasi-inovasi jenis produk baru secara berkala, yang tidak terlepas dari evaluasi dan peningkatan pada elemen-elemen lainnya seperti elemen saluran, hubungan pelanggan, arus pendapatan, sumber daya utama, aktivitas utama, hingga kemitraan utama. Hal tersebut merupakan inovasi nilai yang dapat ditawarkan dan sebagai suatu langkah strategis bagi Atabali untuk menempatkan bisnis di suatu posisi strategis yang berbeda dari yang lain.
English Abstract
The objective of this descriptive qualitative research is to analyse the business model canvas applied by Atabali in formulating a new business model using the Four Actions Framework of Blue Ocean Strategy, i.e. eliminate, reduce, raise, and create. The data of this study was collected through interviews, observation, documentation, and questionnaire. The finding shows that Atabali is currently in the red ocean condition. The company needs to combine Business Model Canvas with Blue Ocean Strategy to create a strategic position in the industry. The new Atabali’s business model shows that it should not continue its domestic sales and should focus on being a wholesaler of good quality ata and rattan bags that features good service prioritized for international customers through periodical creation of new product types. The creation should be inseparable from evaluations and improvements in other elements such as distribution channels, costumer relationship, revenue stream, key resources, key activities, and key partnerships. The value innovation can be offered as a strategic step for Atabali to put its business in a different strategic position from others.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/687/051900182 |
Uncontrolled Keywords: | analisis strategi, business model canvas, blue ocean strategy, kerangka kerja empat langkah, strategic analysis, business model canvas, blue ocean strategy, four actions framework |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 06:26 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 06:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164993 |
Text
KADEK ANGGI KRISNAWAN.pdf Restricted to Registered users only Download (66MB) |
|
Text
KADEK ANGGI KRISNAWAN.pdf Download (66MB) |
Actions (login required)
View Item |