Meitasari, Melati (2018) Analisis Sistem Pemasaran Hasil Perikanan Laut dan Kepuasan Konsumen di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Muara Angke, Jakarta Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak pulau kecil dan pulau besar yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai pulau Rote. Potensi rata-rata hasil perikanan tangkap mengalami kenaikan setiap tahunnnya pada 5 tahun terakhir ini. Dibangunnya beberapa pelabuhan perikanan di Indonesia merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan sektor perikanan. Terkait dengan pendaratan hasil tangkapan dan jaminan pemasaran, salah satu sarana yang digunakan untuk mendukung pengembangan sektor perikanan khususnya kegiatan penangkapan ikan adalah tersedianya Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Adanya TPI diharapkan dapat mensejahterakan nelayan untuk memasarkan hasil tangkapan mereka dengan pemasaran yang efisien. Untuk menganalisis pemasaran yang efisien dapat digunakan pendekatan SCP (Structure, Conduct and Performance) efisiensi dapat didekomposisikan ke dalam komponen struktur, perilaku dan penampilan pasar. Secara teoritis ketiga komponen tersebut berinteraksi dan saling mempengaruhi, dimana penampilan pemasaran merupakan hasil interaksi struktur dan perilaku pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis 1) Struktur pasar di TPI PPN Muara Angke, Jakarta Utara, 2) Perilaku pasar di TPI PPN Muara Angke, Jakarta Utara dan 3) Penampilan pasar di TPI PPN Muara Angke, Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah pemilik kapal atau nelayan, peserta lelang yang meliputi pedagang besar, pedagang grosir, pengolah dan pedagang pengecer. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan SCP (Structure, Conduct and Performance. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Analisis SCP (Structure, Conduct and Performance) pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 9 saluran pemasaran. Struktur pasar mengarah pada pasar yang tidak kompetitif, adanya hambatan keluar masuk pasar dan informasi yang tidak merata sehingga struktur pasar dapat dikatakan belum efisien. Karena struktur pasar yang mengarah pasar yang tidak kompetitif maka dapat mempengaruhi perilaku pasar yang mengarah pada pasar yang tidak kompetitif maka dapat mempengaruhi perilaku pasar yaitu terdapat penentu harga dan penerima harga. Penentu harga dikuasai oleh pedagang yang menjadi peserta lelang karena dapat melakukan penawaran atau memiliki pasar tawar yang tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa perilaku pasar belum efisien. Berbeda dengan struktur pasar dan perilaku pasar yang tidak efisien, penampilan pasar pada penelitian ini efisien jika dilihat dari margin pemasaran, nilai farmer share dan efisiensi pemasaran.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2018/460/051806022 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran ikan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 01:58 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 06:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |