Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Wingko Babat Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus Ukm Wingko Putra Agung Babat Lamongan)

Chahyaningtyas, Chintya (2018) Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Wingko Babat Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus Ukm Wingko Putra Agung Babat Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu daerah yang mengalami pertumbuhan UMKM yang cukup pesat adalah Kabupaten Lamongan. UKM Putra Agung merupakan salah satu UKM yang merasakan dampaknya, dimana pertumbuhan usaha sejenis menyebabkan omset pendapatan UKM Putra Agung menurun cukup drastis. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan strategi usaha yang tepat untuk UKM Putra Agung agar dapat bertahan dan dapat mengembangkan usaha secara maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Variabel yang digunakan meliputi variabel internal (manajemen, pemasaran, produksi dan keuangan) dan variabel eksternal (lingkungan operasional, industri dan jauh). Responden yang digunakan adalah responden ahli yang terdiri dari pemilik UKM, kepala bagian keuangan dan kepala bagian produksi. Uji validitas yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan face validity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang paling mempengaruhi UKM Putra Agung dari segi kekuatan adalah harga produk yang bersaing (0,30), sedangkan kelemahannya adalah kurangnya promosi (0,20). Faktor eksternal yang paling mempengaruhi UKM Putra Agung dari segi peluang adalah tingginya loyalitas konsumen (0,36), sedangkan ancamannya adalah munculnya pendatang baru (0,24). Hasil matriks IE menunjukkan letak perusahaan pada sel IV (growth and build), dimana strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi intensif atau integratif. Alternatif strategi pengembangan yang didapatkan melalui matriks SWOT terdiri dari sembilan alternatif. Alternatif strategi tersebut kemudian ix dianalisa menggunakan QSPM dan didapatkan tiga strategi prioritas yang dapat dilakukan yaitu memperluas wilayah pemasaran (ST6), mempertahankan dan meningkatkan kualitas (ST1) dan melakukan inovasi produk dengan menambahkan variasi rasa (ST7).

English Abstract

One of the regions that experienced rapid growth of MSMEs was Lamongan Regency. Putra Agung’s SME is one of SME that gets the impact, where the growth of similar businesses causes the Putra Agung’s SME revenue turnover to drop quite dramatically. The purpose of this research is to get the right business strategy for Putra Agung’s SME to be able to survive and be able to develop business maximally. The method used in this study is SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) analysis. Variables used include internal variables (management, marketing, production and finance) and external variables (operational, industrial and remote environment). Respondents used in this study were expert respondents consisting of SME owners, finance department heads and production heads. Validity test conducted in this research is using face validity. The results of research show that the internal factors that most influence Putra Agung’s SME in terms of strength are competing product prices (0.30), while in terms of weakness is a lack of promotion (0.20). External factors that most influence Putra Agung's SMEs in terms of opportunities are high consumer loyalty (0.36), while in terms of threats is the emergence of newcomers (0.24). The results of the IE matrix show the location of the company is in cell IV (growth and build), where the strategy that can be done is an intensive or integrative strategy. Alternative development strategies obtained through the SWOT matrix consist of nine alternatives. The alternative strategies were then analyzed using QSPM and obtained three priority strategies that could be done, namely expanding the marketing area (ST6), maintaining and improving xi quality (ST1) and innovating products by adding flavor variations (ST7).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/572/051811362
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha, QSPM, SWOT, Wingko,/ Business Development, QSPM, SWOT, Wingko
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:02
Last Modified: 27 Jun 2019 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164943
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item