Implementasi Model Resource-based View Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing (Studi Kasus UMKM Agroindustri Pangan di Kota Batu).

Murti, Adetya Surya Kresna (2018) Implementasi Model Resource-based View Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing (Studi Kasus UMKM Agroindustri Pangan di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki kontribusi besar dalam perekonomian di Indonesia. Satu kota di Provinsi Jawa Timur berpotensi dalam bidang pertanian yaitu memiliki sumberdaya alam yang berlimpah seperti buah-buahan dan sayuran adalah kota Batu. Kondisi tersebut mengakibatkan banyak masyarakat Kota Batu menjadikan usaha pengolahan makanan dan minuman sebagai tumpuan masyarakat sebagai sumber pendapatan. Ketatnya angka persaingan, UMKM dituntut untuk mengerti dan memahami kondisi lingkungan agar mampu bersaing secara kompetitif dengan usaha lain. Upaya pembentukan keunggulan kompetitif yaitu dengan peningkatan kinerja usaha. Kinerja usaha ini dapat dicapai dengan meningkatkan nilai sumber daya strategis serta mampu berorientasi pasar dengan baik. Agar dapat mencapai kinerja usaha yang baik, suatu usaha harus memperhatikan performa produk dengan memperhatikan ketidakpastian lingkungan atau kondisi eksternal dari UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumberdaya strategis dan orientasi pasar terhadap performa produk dan kinerja usaha pada UMKM Agroindustri Pangan di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pemodelan struktural dengan sampel yaitu UMKM Agroindustri pangan di Kota Batu yang telah berdiri minimal 2 tahun terakhir. Jumlah sampel adalah 85 UMKM yang terdiri dari 52 usaha mikro, 28 usaha kecil dan 5 usaha menengah. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan software SPSS 20 dan statistik inferensial dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sumberdaya strategis terhadap performa produk dan kinerja usaha, serta orientasi pasar terhadap kinerja usaha berpengaruh vii positif dan signifikan. Disamping itu performa produk memediasi parsial hubungan antara orientasi pasar dan sumberdaya strategis terhadap kinerja usaha dan ketidakpastian lingkungan mampu memoderasi hubungan antara sumberdaya strategis dengan kinerja usaha serta hubungan antara performa produk dan kinerja usaha.

English Abstract

SME is one type of business that has a major contribution to the economy in Indonesia. One of the cities in the East Java Province that has the potential in agriculture by having the abundant natural resources such as fruits and vegetables is the city of Batu. This condition increased the number of people in Batu who get involved in the food and beverage processing business as the foundation of the community for a source of income. The tight number of competition requires the SMEs to understand the environmental conditions in order to be able to compete competitively with other businesses. The efforts to establish the competitive advantage are by increasing business performance. This business performance can be achieved by increasing the value of strategic resources and being able to market it well. In order to achieve good business performance, a business must pay attention to product performance by taking environmental uncertainty or external conditions of SMEs into account. The purpose of this study was to determine the effect of strategic resources and market orientation on product performance and business performance in Food Agroindustry SMEs in Batu City. This study uses structural modeling with the sample of food agro-industry SMEs in Batu City which have stood for at least the last 2 years. The number of samples used was 85 SMEs consisting of 52 micro-enterprises, 28 small businesses and 5 medium-sized businesses. The data collection is done by distributing questionnaires and interviews. The data analysis technique used is using descriptive statistics with the SPSS 20 software and inferential statistics using the SmartPLS 3.0 software. The results show that the influence of strategic resources on product performance and business performance, as well as ix market orientation on business performance can provide a positive and significant influence. Besides that, product performance mediates partially the relationship between market orientation and strategic resources on business performance and environmental uncertainty, which can moderate the relationship between strategic resources and business performance and the relationship between product performance and business performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/595/051812026
Uncontrolled Keywords: Ketidakpastian Lingkungan, Kinerja Usaha, Orientasi Pasar, Performa produk, Sumber Daya Strategis,/ Business Performance, Environmental Uncertainty, Market Orientation, Product Performance, Strategic Resources
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jun 2019 01:40
Last Modified: 23 Nov 2021 04:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164940
[thumbnail of Adetya Surya Kresna Murti.pdf]
Preview
Text
Adetya Surya Kresna Murti.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item