Hutabarat, Viorenita Widya (2018) Perempuan dan Games Online (Studi etnografi virtual tentang pembentukan identitas female gamers Player Unknown's Battle Grounds (PUBG)). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini, game online sedang menjadi tren di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari komunitas game online yang mencapai 6.000.000 lebih pengguna (Falamartha, 2013) dan sebanyak 43,7 juta gamers pada tahun 2017 di Indonesia (Osborn, New Zoo, 2017). Di dalam dunia game online juga dapat tercipta pembentukan identitas diri melalui percakapan atau interaksi yang dilakukan oleh para pemain game online tersebut, seperti chatting, gaming, maupun transactioning (Friono, 2013). Game juga lebih banyak diminati oleh laki-laki daripada perempuan dikarenakan game itu sendiri dianggap sebagai aktivitas maskulin atau terbatas sebagai hiburan untuk laki-laki. Selain itu, game juga menyinggung perempuan karena karakter perempuan dalam game kerap kali digambarkan sebagai objek yang menggunggu penyelamatan laki-laki dan objek tatapan laki-laki (Bryce & Rutter, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan identitas female gamers dalam permainan Player Unknown's Battle Grounds (PUBG). Penelitian ini menggunakan metode studi etnografi virtual dengan melakukan online interview dengan 4 orang female gamers yang juga merupakan seorang youtuber dan melakukan observasi melalui video yang diunggah oleh female gamers di Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya sekalipun Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) identik dengan permainan laki-laki, namun gamers perempuan tetap membentuk identitas virtual mereka sebagai perempuan dan memperhatikan penampilannya. Penelitian ini memberikan padangan bahwa game online tidak lagi dianggap sebagai aktivitas maskulin atau terbatas sebagai hiburan untuk laki-laki. Namun saat ini perempuan juga dapat terlibat dalam game online dan perempuan juga cukup tertarik dengan game online.
English Abstract
Nowadays, online game is becoming a trend in Indonesia. This can be seen from online gaming community in Indonesia that consists of more than 6.000.000 members (Falamartha, 2013) and as many as 43,7 million gamers within 2017 (Osborn, New Zoo, 2017). The world of online game can also create a form of self-identity through conversations or interactions carried out by the players, such as chatting, gaming, and transactioning (Friono, 2013). Men are found to be more interested in gaming than women, because game is considered to be a masculine activity or limited as entertainment for men. In addition, game can be considered offending for women, where female characters in game are often considered as object-waiting for men’s rescue and as object of male’s gaze (Bryce & Rutter, 2002). This study aims to find out how female gamers form their identity in game titled Players Unknown’s Battle Grounds (PUBG), using virtual ethnographic method by conducting online interviews with 4 female gamers who are also a Youtuber and making observations through videos uploaded by female gamers on Youtube. The results showed that even though Player Unknown’s Battle Grounds Player (PUBG) is commonly identified as game for men, female gamers still form their virtual identities as women and pay attention to their appearance. This study provides the view that online games are no longer considered masculine activities or limited as entertainment for men. But now women can also be involved in online games and women are also quite interested in online gaming.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/1120/051901566 |
Uncontrolled Keywords: | game online, perempuan, identitas virtual, Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) game online, women, virtual identity, Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) |
Subjects: | 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 03:32 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164928 |
Text
Viorenita Widya Hutabarat.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |