Analisis Positioning Sari Buah Apel Dengan Metode Mds (Multidimensional Scaling) Di Kota Malang

Hanidar, Oktavino Putra (2018) Analisis Positioning Sari Buah Apel Dengan Metode Mds (Multidimensional Scaling) Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buah apel merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Apel sendiri sangat disukai berbagai kalangan karena memilikin kadar antioksidan yang kuat, menghambat sel kanker, mengurangi oksidasi lemak, dan menurunkan kolesterol. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian tahun 2009 menyebutkan bahwa luas lahan apel saat ini sekitar 600 hektar, dengan jumlah pohon apel sebanyak 2.506.546. Dari jumlah itu, produksi apel hanya 24.625 ton per tahun. Dari data tersebut menunjukan prospek yang ideal untuk memproduksi olahan dari buah apel dalam bentuk sari buah. Tujuan dari penelitian ini berguna untuk mengetahui atribut-atribut yang dipilih oleh konsumen untuk menjadi pertimbangan dalam pembelian produk. Mengetahui pengaruh positioning produk untuk meningkatkan daya saing produk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Multidimensional Scalling (MDS). Penentuan positioning dengan cara membaca peta persepsi yang dihasilkan berdasarkan analisis Multidimensional Scalling (MDS). Pada penelitian kali ini pengumpulan data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan responden yaitu konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi merek sari buah Brosem, Sip lah, Fiblos, dan Vicha. Hasil penilitian menunjukan peta persepsi variabel produk dipimpin oleh Brosem berada pada kuadran I, SiipLah berada pada kuadran II, Vicha berada pada kuaran III, Fiblos berada pada kuadran IV. Dari peta persepsi variabel harga dipimpin oleh Fiblos pada kuadran I, Vicha pada kuadran II, SiipLah pada kuadran III, dan Brosem pada kuadran IV. Pada peta persepsi variabel promosi dipimpin oleh Brosem pada kuadran I, Vicha pada kuadran III, Fiblos pada kuadran III, dan SiipLah pada OKTAVINO PUTRA HANIDAR. 145100301111095. Analisis Positioning Sari Buah Apel Dengan Metode (Multidimensional Scaling) Di Kota Malang. TA. Pembimbing : Dr. Panji Deoranto, STP. MP. dan Rizky Luthfian R.S., STP. MSc. vii kuadran IV. Pada peta persepsi variabel tempat SiipLah berada posisi kuadran I, Brosem pada kuadran II, Vicha pada kuadran III, Fiblos pada kudran III. Pada hasil analisis Multidimensional Scalling secara keseluruhan didapat peta persepsi dengan hasil yang paling unggul adalah siip lah dengan kordinat (0,3978;1,6816) terletak pada kuadran I dengan keunggulan popularitas merek dan harga terjangkau. Selanjutnya diiukuti oleh produk Brosem dengan kordinat (1,4554; -0,7827) pada kuadran dua dengan keunggulan pada variabel produk meliputi rasa aroma dan warna. Merek selanjutnya adalah Fiblos dan Vicha yang sama-sama terletak pada posisi kuadran III namun berbeda kordinat. Merek Fiblos dengan kordinat (-0,8697; -0,7287) sedangkan merek vcha (-0.9835;-0,,1705) dan berarti kedua merek tersebut memliki kekuatan yang lemah terhadap produk yang berada pada dimensi dua dan satu. Hal itu terjadi karena kurangnya kekuatan dalam segi promosi dan kualitas produk yang dihasilkan dari masing-masing produk.

English Abstract

Apple is a fruit that is often consumed by people. Apples themselves are very popular among various groups because they have strong levels of antioxidants, inhibit cancer cells, reduce fat oxidation, and reduce cholesterol. Based on the data from the Agriculture Service — locally called Dinas Pertahanan — in 2009, the apple land area is currently around 600 hectares, with 2,506,546 apple trees. Of that amount, the apple production is only 24,625 tons per year. These data show the ideal prospects for producing processed fruit from apples in the form of fruit juice. The purpose of this study is to find out the attributes chosen by consumers to be considered in purchasing the product and knowing the effect of product positioning to improve product competitiveness. The approach used in this research is Multidimensional Scaling (MDS) analysis. The determination of positioning is by reading perceptual maps generated based on Multidimensional Scaling (MDS) analysis. In this study, the data collection was collected through distributing questionnaires with respondents, namely consumers who had bought and consumed the Brosem juice brand, SiipLah, Fiblos, and Vicha. The results of the research show that the perception of product variables is led by Brosem in quadrant I, SiipLah in quadrant II, Vicha in quadrant III and Fiblos in quadrant IV. Based on the perception map, the price variable is led by Fiblos in quadrant I, Vicha in quadrant II, SiipLah in quadrant III, and Brosem in quadrant IV. In the promotion variable perception map is led by Brosem in quadrant I, Vicha in quadrant III, Fiblos in quadrant III, and SiipLah in quadrant IV. In the perception variable map, SiipLah is in quadrant I, Brosem in quadrant II, Vicha in quadrant III, and Fiblos in quadrant III. On the results of the Multidimensional Scaling analysis as a whole, a perception OKTAVINO PUTRA HANIDAR. 145100301111095. Positioning Analysis of Apple Fruit Juice Using Multidimensional Scaling Method in Malang City. Final Project. Advisor: Dr. Panji Deoranto, STP. MP. and Rizky Luthfian RS, STP. MSc. ix map is obtained with SiipLah brand as the most superior result with the coordinates (0.3978; 1.6816) located in quadrant I with the advantages of brand popularity and affordable prices. Then followed by Brosem's product with coordinates (1,4554; -0,7827) in quadrant two with advantages on product variables including flavor and color. The next brands are Fiblos and Vicha which are both located in quadrant III positions but different coordinates. The Fiblos brand with coordinates (-0.8697; -0.7287) while the Vicha brand (-0.9835; -0, 1705), which means that both brands possess weak strengths against the products in the two and one dimension. This is because of the lack of strength in terms of promotion and the product quality of each product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/580/051811492
Uncontrolled Keywords: Sari Buah Apel, Analisis Positioning, analisis Multidimensional Scaling (MDS),/ Apple Fruit Juice, Positioning Analysis, Multidimensional Scaling (MDS) Analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 634 Orchards, fruits, forestry > 634.1 Pomaceous fruits > 634.11 Apples
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:33
Last Modified: 23 Nov 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164923
[thumbnail of Oktavino Putra Hanidar.pdf] Text
Oktavino Putra Hanidar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item