Susanti, Fitryani Dwi (2018) Inovasi Layanan Pengaduan 112 Command Center Dalam Desentralisasi Kota Surabaya (Studi Pada Badan Penanggulangan Bencana Dan Perlindungan Masyarakat Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepala daerah memiliki peran penting dalam melakukan terobosan-terobosan membangun daerahnya melalui program inovasi daerah. Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Surabaya dan diterapkan mendapatkan penghargaan pada tingkat nasional maupun internasional. Salah satu inovasi yang di kembangkan oleh Kota Surabaya ialah inovasi layanan pengaduan 112 command center. Pelayanan pengaduan darurat yang meliputi pelayanan terhadap keadaan darurat yang bisa saja secara tiba-tiba terjadi pada masyarakat. Namun kemuculan inovasi dalam pemerintahan merupakan respon terhadap perubahan-perubahan dari berkembangnya uglobalisasi, demokrasi, dan desentralisasi. Penelitian ini mengangkat judul tentang inovasi layanan pengaduan darurat 112 command center dengan desentralisasi di BPB Linmas Surabaya. Kajian ini di analisis menggunakan konsep Inovasi dari Theodore yaitu strategi dan pelanggan; ukuran dan kinerja; proses; Orang-orang; dan teknologi. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang diulas secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, strategi dan pelanggan pelaksanaan layanan darurat telah menentukan tujuan yang jelas dalam pemberian layanan, penempatan pimpinan dan dukungan peraturan, serta SKPD yang terkait mendukung terwujudnya pelayanan dengan mempertimbangkan asas desentralisasi, sehingga masyarakat berperan aktif dan terlibat dalam pelayanan. Kedua, ukuran dan kinerja dalam pelaksanaan keberhasilan pelayanan dilihat tersinerginya SKPD yang terkait dalam memberikan pelayanan dan adanya peraturan SOP. Ketiga, proses desain inovasi pelayanan darurat yang dilakukan oleh SKPD yang terkait dengan kerjasama dan saling percaya. Keempat, orang-orang yang ada command center berasal dari SKPD yang terkait dengan kebencanaan. Kelima, teknologi yang diberikan oleh pemerintah telah terpenuhi untuk petugas dalam memberikan pelayanan command center.
English Abstract
The regional head has an important role in making breakthroughs in building the region through regional innovation programs. The innovations carried out by the Government of Surabaya and implemented received awards at national and international levels. One of the innovations developed by the City of Surabaya was the innovation of complaints services for 112 command centers. Emergency complaints service that includes services to emergencies that could suddenly occur to the community. But the emergence of innovation in government is a response to changes in the development of globalization, democracy and decentralization. This study raised the title of the Government Science, Faculty of Social and Political Sciences, Brawijaya University. Complaint Service Innovation 112 Command Centers in the Decentralization of the City of Surabaya at the BPB Linmas Surabaya. This study was analyzed using the Theodore Innovation concept, namely strategy and customers; size and performance; process; People; and technology. The type of this research is qualitative research which is described descriptively. Data collection techniques are carried out through interviews and documentation. The results show that, first, the strategy and customer implementation of emergency services have set clear objectives in service delivery, leadership placement and regulatory support, and related SKPD supports the realization of services by considering the principle of decentralization, so that the community plays an active and involved role in service. Secondly, the size and performance in implementing service success is seen as synergizing SKPD related to providing services and the existence of SOP. Third, a emergency service innovation design process is carried out by SKPD related to cooperation and mutual trust. Fourth, people who have command centers come from SKPD related to disaster. Fifth, the technology provided by the government has been fulfilled for officers in providing command center services.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/1110/051901556 |
Uncontrolled Keywords: | inovasi, layanan pengaduan 112 command center, desain inovasi, dan desentralisasi. innovation, complaints service 112 command centers, innovation design, and decentralization. |
Subjects: | 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.9 Public administration of safety, sanitation, waste control > 353.95 Preparations for disasters |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 02:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164908 |
![]() |
Text
Fitryani Dwi Susanti.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |