Peran United Nation World Food Programme (UN WFP) Dalam Menanggulangi Krisis Pangan di Republik Afrika Tengah Tahun 2014 – 2016

Ulfasari, Jantung Ardilla (2019) Peran United Nation World Food Programme (UN WFP) Dalam Menanggulangi Krisis Pangan di Republik Afrika Tengah Tahun 2014 – 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis pangan dan kelaparan merupakan salah satu ancaman yang disebabkan kelangkaan dan kecukupan pangan, sehingga hal ini menjadi isu global yang banyak membutuhkan penanganan dari aktor terkait dalam hubungan internasional, organisasi internasional dibutuhkan dalam penangan isu krisis pangan. World Food Programme (WFP) merupakan sebuah organisasi khusus dari PBB yang bertujuan untuk menangani krisis pangan dan kelaparan darurat secara cepat dalam hal penyediaan pangan di negara-negara berkembang yang mengalami krisis pangan dan kelaparan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum peran yang dilakukan oleh organisasi internasional World Food Programme dalam menanggulangi krisis pangan di Republik Afrika Tengah (RAT) yang terjadi akibat adanya konflik kudeta yang menyebabkan harga pasar tinggi yang berdampak pada harga pangan. Penulis menggunakan konsep organisasi internasional Clive Archer yang terdiri dari tiga peran yaitu instrument, arena dan actor untuk menganalisa peran WFP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran WFP memenuhi peran arena dan aktor dengan program bantuan berupa dana atau donasi dari beberapa pihak yang dikelola oleh WFP untuk memproduksi, mengelola, dan menyediakan pangan, serta menerapkan program yang telah disiapkan. Dalam melakukan kegiatannya WFP menjadi aktor independen yang tidak dapat dipengaruhi oleh negara anggotanya.

English Abstract

Food crisis and hunger is one of the threats caused scarcity and food sufficiency, so that this becomes a global issue that requires handling many of the relevant actors in international relations, international organizations are required in handling the food crisis. Where is the United Nations World Food Programme (UN WFP) is a special organization of the United Nation, which aims to address the food crisis and hunger emergencies quickly in terms of food supply in developing countries experiencing food crisis and starvation. This research aimed to describe general regarding of the roles performed by international organizations in overcoming food crisis in Central African Republic due to coup conflict. It caused high price in market which gave impact to food price. Researchers use the concept of international organizations Clive Archer which consisted of three roles such as instrument, arena and actor to analyze the role of WFP. The result of the research showed that WFP role met the rale of arena and actor, in wich the role of arena was for a gathering place and RAT cooperation with other partner by making assistance program of funds or donations from several parties that are managed by the WFP to produce, manage, and provide food, as well as to implement programs that have been prepared. WFP became an independent actor that can not be influenced by its member countries.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1107/051901553
Uncontrolled Keywords: World Food Programme, Krisis Pangan, Republik Afrika Tengah
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.8 Food supply
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:13
Last Modified: 25 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164905
[thumbnail of Jantung Ardilla Ulfasari.pdf]
Preview
Text
Jantung Ardilla Ulfasari.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item