Simanungkalit, Caesar Carry Augustinus (2018) Analysis Of Corporate Performance Measurement With Balance Scorecard Concept (Case Study Of Pt. Adira Insurance). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja perusahaan PT. Asuransi Adira dengan menggunakan empat perspektif dari balanced scorecard, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data tiga tahun, dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan objek yang diteliti berdasarkan fakta-fakta yang ada dengan cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan serta menganalisis berbagai data yang ditemukan. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah studi kasus. Dari hasil pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan menunjukkan bahwa kinerja perusahaan PT. Asuransi Adira sudah cukup baik dengan total skor 0,55. Hal ini tampak dari keempat indikator perspektif keuangan yaitu ROA yang mencapai target diatas 1,5% , NPM yang mengalami fluktuatif setiap tahunnya, Current Ratio yang tidak mencapai target di bawah 2x, dan BOPO yang benilai positif berada dibawah 83%. Dari perspektif pelanggan, indikator Customer Retention mengalami penurunan setiap tahunnya, Customer Acquisition mengalami peningkatan setiap tahunnya, Customer Satisfaction mengalami fluktuatif setiap tahunnya, dan Customer Profitability yang meningkat setiap tahunnya. Dari perspektif proses bisnis internal, indikator AETR mempunyai hasil positif karna naik tahun ketahunnya. Dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, indikator employee retention mempunyai hasil positif dikarenakan turun setiap tahunnya, sedangkan employee productivity mengalami fluktuatif. Setelah mengimplementasikan balancedscorecard, PT. Asuransi Adira dilihat sudah berorientasi pada jangka panjang, perusahaan juga mengetahui harus melakukan investasi utama untuk mengerti kebutuhan pelanggan dan mengidentifikasi segmen pelanggan yang atraktif untuk masa depan perusahaan yang lebih baik. PT. Asuransi Adira sebaiknya menerapkan balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja perusahaan agar di peroleh hasil pengukuruan yang komprehensif dari keempet perspektif sehingga tetap dapat bersaing di pasar globalisasi dimana persaingan semakin ketat
English Abstract
This research was conducted to measure company performance of PT. Adira Insurance by using four perspectives from balanced scorecard, namely: financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective. This research is conducted by taking data three years, from 2014 until 2016. The research method used by the author in the preparation of this thesis is a descriptive method of analysis is a research method that aims to describe the state of the object under study based on existing facts with how to collect, process, present and analyze various data found. Research approach used by writer is case study. From the result of company performance measurement as a whole show that company performance of PT. Adira insurance is good enough with a total score of 0.55. This is evidence from the four indicators of financial perspective, namely ROA that reaches targets above 1.5%, NPM that fluctuates every year, Current Ratio that does not reach the target below 2x, and BOPO is positive benapat under 83%. From a customer perspective, Customer Retention indicators are declining each year, Customer Acquisition is increasing every year, Customer Satisfaction is fluctuating every year, and Customer Profitability is increasing every year. From an internal business process perspective, the AETR indicator has a positive result as it rises year by year. From learning and growth perspective, Employee Retention indicator has positive result due to decrease every year, while Employee Productivity fluctuates. After implementing balanced scorecard, PT. Adira Insurance is seen to be long-term oriented, the company also knows to make major investments to understand customer needs and identify attractive customer segments for a better future. PT. Adira Insurance should apply balanced scorecard as a measure of company performance in order to obtain comprehensive measurement results from four perspectives so the company can still compete in the globalization market where competition is getting competitive
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/658/051811604 |
Uncontrolled Keywords: | Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, Financial Perspective, Customet Perspective, Internal and Business Perspective, Learning and Growth Perspective |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises > 338.74 Corporations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 04:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164865 |
Text
CAESAR CARRY AUGUSTINUS SIMANUNGKALIT.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
Actions (login required)
View Item |