Estimasi Stok Karbon yang tersimpan pada ekosistem mangrove di Desa Pasar Banggi, Rembang, Jawa Tengah

Susanti, Reni Tri (2018) Estimasi Stok Karbon yang tersimpan pada ekosistem mangrove di Desa Pasar Banggi, Rembang, Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanasan global (global warming) menjadi salah satu isu di dunia yang disebabkan peningkatan jumlah CO2 di atmosfer. Dampak dari pemanasan global adalah perubahan iklim yang menyebabkan naiknya permukaan air laut dan menjadi menjadi ancaman serius bagi ekosistem pesisir. Berkaitan dengan fenomena perubahan iklim, salah satu cara untuk mengurangi dampak pemanasan global adalah melalui pengembangan karbon sink, dimana karbon organik hasil fotosintesis disimpan dalam biomassa tegakan pohon berkayu. Mangrove dapat menyerap karbon di atmosfer dan menyimpannya dalam biomassa dan sedimen, sehingga mangrove sangat berperan dalam mitigasi perubahan iklim global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi jenis dan kerapatan mangrove, menduga stok karbon pada batang, serasah dan sedimen dan estimasi karbon tersimpan oleh ekosistem mangrove di Desa Pasar Banggi, Rembang, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli 2018 yang meliputi pengambilan data lapang, dan pengolahan sampel dilaboratorium. Metode yang digunakan untuk mengetahui data vegetasi mangrove adalah metode Transect Line Plots. Untuk estimasi stok karbon dengan menggunakan metode nondestructive yaitu dengan pendekatan Allometri yang telah dibuat oleh penelitian sebelumnya dengan memasukkan diameter batang yang telah diukur. Analisis sampel sedimen dilaboratorium dilakukan dengan menggunakan metode Loss On Ignition (LOI), sedangkan untuk pengambilan sampel serasah dilakukan dengan pengumpulan serasah yang jatuh pada setiap plot. Hasil penelitian pada 3 stasiun menunjukkan bahwa hutan mangrove di Desa Pasar Banggi Rembang, Jawa Tengah didapati 168 tegakan terdiri dari 5 spesies yaitu Rhizophora stylosa 31,55%, Rhizophora apiculata 41,07%, Rhizophora mucronata 8,33%, Sonneratia alba 6,55% dan Avicennia marina 12,5%. Nilai kerapatan termasuk dalam kategori jarang yaitu 577 ind/ha. Total nilai estimasi stok karbon yang didapat yaitu sebesar 740,17 Ton/ha. Nilai stok karbon pada batang adalah sebesar 95,46 ton/ha, stok karbon serasah sebesar 0,38 ton/ha sedangkan pada sedimen memiliki stok karbon sebesar 644,32 ton/ha. Estimasi penyerapan karbondioksida pada hutan mangrove Desa Pasar Banggi Rembang yaitu sebesar 2716,42 Ton/ha.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/969/051812009
Uncontrolled Keywords: -Mangrove
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 583 Magnoliopsida (Dicotyledons) > 583.7 Rosidae > 583.76 Myrtales > 583.763 Rhizophoraceae and Sonneratiaceae
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Jul 2019 06:58
Last Modified: 16 Jul 2019 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164850
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item