Pengaruh Penempatan Produk “Etude House” Dalam Drama Korea“To The Beautiful You” Terhadap Minat Beli (Studi Pada Pengikut Facebook To The Beautiful You Indonesia)

Michelle, Elena (2018) Pengaruh Penempatan Produk “Etude House” Dalam Drama Korea“To The Beautiful You” Terhadap Minat Beli (Studi Pada Pengikut Facebook To The Beautiful You Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang pengaruh penempatan produk pada tayangan serial drama terhadap minat pembelian. Penempatan produk adalah salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran yang sudah banyak dipakai oleh perusahaan dalam mempromosikan produk. Terdapat berbagai macam media yang dipakai untuk melakukan penempatan produk, salah satunya adalah media berupa tayangan serial drama. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penempatan produk yang dilakukan oleh Etude House dalam serial drama Korea berjudul To The Beautiful You terhadap minat beli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penempatan produk yang dilakukan oleh Etude House dalam drama Korea berjudul To The Beautiful You terhadap minat beli. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori penempatan produk dari Russel, dan Gupta & Lord serta teori minat beli yang dikemukakan oleh Ferdinand. Sementara itu, populasi dalam penelitian ini adalah pengikut facebook To The Beautiful You Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode riset survei. Data primer didapatkan dari hasil kuesioner yang disebarkan secara online kepada responden, yaitu pengikut di facebook To The Beautiful You. Sementara itu teknik pengambilan sampel berdasarkan pada available sampling/convenience sampling. Responden dalam penelitian ini terdiri dari wanita dengan usia 16-35 tahun dengan latar belakang status yang berbeda. Hasil dalam penelitian ini, penempatan produk yang dilakukan oleh Etude House dalam drama Korea To The Beautiful You memberikan pengaruh positif pada minat beli responden.

English Abstract

This study describe about the effect of product placement on drama series impressions on purchase intention. Product placement is one form of marketing communication that has been widely used by companies in promoting their products. There are various media used to perform product placement, one of which is the media in the form of drama series. This study discusses the effect of product placement made by Etude House in the Korean drama series To The Beautiful You against purchase intention. This research is an explanative quantitative research that aims to find out how the effect of product placement done by Etude House in Korean drama titled To The Beautiful You to the purchase intention. The theory used in this research is the theory of product placement from Russell, and Gupta & Lord and the theory of buying interest proposed by Ferdinand. Meanwhile, the population in this study is a follower of facebook To The Beautiful You Indonesia. This research uses survey research method. Primary data obtained from the results of questionnaires distributed online to respondents, namely followers on facebook To The Beautiful You. Meanwhile the sampling technique is based on available sampling / convenience sampling. Respondents in this study consisted of women aged 16-35 years with different background status. The results of this study, the placement of products made by Etude House in Korean drama To The Beautiful You give a positive influence on the purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/577/051806985
Uncontrolled Keywords: Penempatan produk, minat beli Product placement, purchase intention, drama korea
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.7 Korean literature
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:46
Last Modified: 22 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164849
[thumbnail of Elena Michelle.pdf] Text
Elena Michelle.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item