Strategi Pemilihan Endorser Sebagai Promotion Tools Pemasaran Online Shop Di Instagram (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Penggunaan Akun Instagram @D_Kadoor Sebagai Endorser Produk Kecantikan Di Instagram)

Ashari, Arif (2018) Strategi Pemilihan Endorser Sebagai Promotion Tools Pemasaran Online Shop Di Instagram (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Penggunaan Akun Instagram @D_Kadoor Sebagai Endorser Produk Kecantikan Di Instagram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berawal dari media konvensional yang dahulu orang-orang hanya beriklan melalui media cetak, media radio, baliho-baliho serta televisi, sekarang akibat berkembangnya teknologi, lebih banyak media untuk beriklan, misalnya saja menggunakan media internet seperti melalui media sosial facebook, twitter, ataupun instagram. Penggunaan media online seperti instagram, dapat digunakan sebagai media beriklan yang bertujuan untuk menyasar kalangan konsumen yang melek akan teknologi. Perkembangan media online untuk memasarkan produk juga didukung oleh beragamnya variasi produk yang bisa diiklankan di dalamnya. Secara sederhana pengertian periklanan dapat diidentifikasikan sebagai bentuk presentasi promosi non-personal yang memerlukan biaya tentang gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas (Kotler dan Keller, 2007, h.97).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif oleh Creswell (2010). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam pemilihan endorser @d_kadoor, online shop melihat kredibilitas @d_kadoor menjadi aspek utama dalam pemilihan sebuah endorser. endorser @d_kadoor dianggap memiliki kredibilitas yang bagus meskipun dirinya bukan pengguna produk-produk yang diendorsekan di kehidupan sehari-hari. Jumlah pengikut dan daya tarik konten yang dimiliki oleh endorser @d_kadoor yakni daya tarik humor juga menjadi pertimbangan online shop untuk memilih dia sebagai endorser produk perlengkapan wanita mereka karena hal tersebut dianggap sebagai pembeda dan cara mempersuasi konsumen yang unik.

English Abstract

Starting from the conventional media that people only advertise through print media, radio media, billboards and television, now due to the development of technology, more media to advertise, for example, using internet media such as through social media facebook, twitter, or instagram . The use of online media such as instagram, can be used as an advertising medium that aims to target the literate consumer of technology. The development of online media to market the product is also supported by the variety of product variations that can be advertised in it. Simply the meaning of advertising can be identified as a form of non-personal promotional presentation that requires the cost of ideas, goods or services by a clear sponsor (Kotler and Keller, 2007, p.97).This research uses qualitative method, while data analysis technique used is qualitative data analysis technique by Creswell (2010). The results of this study indicate that the strategy in the selection of @d_kadoor endorser, online shop view @d_kadoor credibility becomes a major aspect in the selection of an endorser. @d_kadoor endorser is considered to have good credibility even though he is not a user of products that are directed in everyday life. The number of followers and the appeal of content owned by @d_kadoor endorsers ie humorous appeal is also a consideration of the online shop to select her as their ladies product endorser as it is considered to be a differentiator and a way to persuade unique consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/532/051806940
Uncontrolled Keywords: Promosi, Endorser, Credibility, Instagram Promotion, Endorser, Credibility, Instagram
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:21
Last Modified: 19 Jun 2024 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164846
[thumbnail of Arif Ashari.pdf]
Preview
Text
Arif Ashari.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item