Hutomo, Chandra Nugroho (2018) Pengaruh Trailer terhadap Minat Menonton Film (Studi Kuantitatif Eksperimen pada Trailer Film Target (2018) di YouTube). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Lane dan Husemann (2004) menyatakan bahwa film dipasarkan sedemikian rupa melalui iklan atau disebut trailer/teaser sebelum film tersebut dikeluarkan atau di release. Kernan (2004) menyatakan bahwa trailer adalah formulasi/bentuk unik dari sebuah film yang menjadi alat promosi dan merupakan sebuah penjelasan narrative dari film tersebut atau lebih tepatnya disebut ‘taste test of film’. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh trailer terhadap minat menonton film. Penelitian ini menggunakan Elaboration Likelihood Model (ELM) untuk mengukur proses penerimaan pesan pada keterlibatan kognitif individu karena keterlibatan merupakan variabel berpengaruh dalam pengolahan iklan (Laczniak, Muehling, & Grossbart, S, 1989; Zaichkowsky,1986). Berangkat dari paradigma positivistik, penelitian ini dilakukan dengan metodelogi kuantitatif dan pengambilan data dilakukan dengan desain penelitian eksperimental. Bentuk eksperimen yang dipilih dalam penelitian ini adalah posttest only control group design dengan membagi dua kelompok sampel yaitu kelompok kontrol (kelompok yang tidak diberi treatment) dan kelompok eksperimen (kelompok yang diberi treatment berupa tayangan trailer film Target (2018)). Sampel dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa aktif berusia 19-25 tahun Universitas Brawijaya yang akan dibagi kedalam 2 kelompok. Sebanyak 30 responden ditempatkan sebagai kelompok eksperimen sedangkan, 30 responden lainnya diposisikan sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dalam upaya penarikan simpulan atas pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y antara dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, peneliti menggunakan analisis data T-test. Hasil uji hipotesis independent sample T-test menunjukkan terdapat pengaruh trailer film Target (2018) terhadap minat menonton film. Hasil analisis menyimpulkan bahwa minat menonton sebagai perubahan keinginan bersifat lebih permanen karena lebih cenderung diproses pada rute sentral. Sehingga, perubahan sikap yang akan ditimbulkan akan lebih mengarah pada perubahan positif.
English Abstract
Lane and Husemann (2004) state that the film is marketed in such a way through advertisements or called trailers / teasers before the film is released or released. Kernan (2004) states that the trailer is a unique formulation of a film that becomes a promotional tool and is a narrative explanation of the film or rather the 'taste test of film'. This study was conducted to determine the effect of trailer on the interest of watching movies. This study uses Elaboration Likelihood Model (ELM) to measure the process of receiving messages on individual cognitive involvement because engagement is an influential variable in advertising processing (Laczniak, Muehling, & Grossbart, S, 1989; Zaichkowsky, 1986). Departing from the positivistic paradigm, this research was conducted with quantitative methodology and data retrieval was done by experimental research design. The experimental form chosen in this study was posttest only control group design by dividing the two sample groups ie the control group (the untreated group) and the experimental group (the group treated in the form of trailer movie Target (2018)). The sample in this research is 60 active students aged 19-25 years Brawijaya University which will be divided into 2 groups. A total of 30 respondents were placed as experimental group whereas, 30 other respondents were positioned as control group. The sampling technique used is simple random sampling. In an effort to draw conclusions on the influence between variables X to variable Y between the two groups of experimental groups and control groups, the researchers used Ttest data analysis. Hypothesis test results independent sample T-test shows there is influence of Trailer movie Target (2018) to the interest of watching movies. The results of the analysis concluded that interest in watching as a change of desire is more permanent because it is more likely to be processed on a central route. Thus, a change in attitude will be more likely to lead to positive change.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/529/051806937 |
Uncontrolled Keywords: | Elaboration Likelihood Model, Trailer film, Minat Menonton, Experimental Research. Elaboration Likelihood Model, Movie Trailer, Intention to Warching, Experimental Research. |
Subjects: | 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 02:58 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164844 |
![]() |
Text
Chandra Nugroho Hutomo.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |