Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Tangibilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Studi Pada Perusahaan Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017

Septarini, Atika Dewi (2018) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Tangibilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Studi Pada Perusahaan Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor internal maupun eksternal perusahaan yang mempengaruhi struktur modal yang diukur menggunakan Rasio Hutang pada Ekuitas pada perusahaan-perusahaan Konstruksi Bangunan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Perusahaan Konstruksi Bangunan memiliki potensi yang baik di dalam bisnisnya didukung dengan kontribusi yang besar pada pertumbuhan perekonomian Indonesia. Terdapat lima faktor yang dianalisa pengaruhnya terhadap struktur modal perusahaan konstruksi bangunan, diantaranya; profitabilitas, likuiditas, tangibilitas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan. Dalam peneltian ini digunakan pendekatan eksplanatori kuantitif. Sampel yang digunakan adalah 10 perusahaan sub sektor Konstruksi Bangunan yang tercatat di BEI pada periode 2013-2017. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil temuan penelitian ini banyak memiliki kesamaan pada Teori Trade-Off, dimana teori ini mengemukakan bahwa suatu perusahaan akan cenderung melakukan pendanaan melalui hutang atau liabilitas. Pada faktor profitabilitas dan ukuran perusahaan ditemukan tidak memiliki pengaruh signifikan penentuan pendanaan perusahaan. Sedangkan likuiditas dan tangibilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan arah negatif terhadap struktur modal.

English Abstract

The purpose of this study was to analyze the internal and external factors of the company that affects the capital structure measured using the debt to equity ratio at Building Construction Companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2013-2017 period. Building Construction Companies has many potentials in terms of business opportunity, proven by their big contribution to the growth of the Indonesian economy. There are five factors that are analyzed for their influence on the capital structure of building construction companies, which are; profitability, liquidity, tangibility, size, and firm growth. In this study, a quantitative explanatory approach was used. The sample used was 10 companies in the Building Construction Sub-sector listed on the IDX in the 2013-2017 period. The tool used in this study is multiple linear regression. The findings of this study have a strong resemblance to the Trade-Off Theory, which suggests that a company will tend to fund through debt or liability. The factor of profitability and firm size was found to have an insignificant influence of building construction companies’ decision in choosing its financial sources. While liquidity and tangibility have a significant effect on the capital structure negatively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/777/051901436
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal. Perusahaan Konstruksi Bangunan. Profitabilitas. Likuiditas. Tangibilitas. Ukuran Perusahaan, Capital Structure. Building Construction Company. Profitability. Liquidity. Tangibility. Firm Size.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:20
Last Modified: 21 Oct 2021 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164839
[thumbnail of Atika Dewi Septarini.pdf]
Preview
Text
Atika Dewi Septarini.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item