Pelayanan Publik Berbasis E-Government Melalui Program Singo, (Studi Kasus Pada Kelurahan Sawojajar Kec. Kedungkandang Kota Malang)

Al Fahry, Thiko (2018) Pelayanan Publik Berbasis E-Government Melalui Program Singo, (Studi Kasus Pada Kelurahan Sawojajar Kec. Kedungkandang Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-government menjadi sangat populer sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). E-government (e-gov) intinya adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien. Program SINGO menjadi salah satu inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Kelurahan Sawojajar Kota Malang. Layanan SINGO adalah layanan masyarakat berbasis internet. Lewat aplikasi tersebut masyarakat, staf kelurahan maupun lurah bisa memantau seluruh berkas surat yang masuk ke kelurahan. Sehingga dari inovasi layanan ini diharapkan mempermudah pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Masyarakat yang memerlukan maupun mengurus keperluan surat menyurat di kelurahan tinggal melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan E-government melalui program SINGO di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Mengetahui faktor pendukung di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang dalam mewujudkan kebijakan E-government melalui program SINGO. Mengetahui faktor penghambat di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang dalam kebijakan E-government melalui program SINGO. Penelitian ini menggunakan dasar teori dari Budi Riyanto sebagai konsep pelayanan digital mengenai e government. Teori yang difokuskan pada tersedianya aplikasi e government yang mendukung pelayanan publik utamanya kepada efisiensi dan informasi pelayanan. Hasil penelitian diketahui pelaksanaan program SINGO di kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang selain untuk pelayanan kepada masyarakat, juga untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Peran sistem infomasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan publik adanya kekurangan dalam penyampaian informasi di Kantor Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Faktor pendukung dari pelaksanaan program SINGO di kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yaitu tersedianya perangkat keras maupun perangkat lunak aplikasi SINGO. Sedangkan faktor penghambat adalah masalah kesadaran dan paradigma berfikir masyarakat terhadap pelayanan berbasis digital. Faktor penghambat kedua adalah lambatnya koneksi jaringan internet, listrik yang sering mati sehingga pekerjaan jadi tertunda. Faktor penghambat kedua adalah sumber daya manusia. Dimana perangkat RT dan RW belum dimaksimalkan kinerjanya karena penguasaan yang rendah terhadap teknologi seperti komputer dan perangkat lainnya.

English Abstract

E-government is becoming very popular in line with the development of information and communication technology (ICT). E-government (e-gov) point is the use of information technology as a tool to help run the government system more efficiently. SINGO became one of the program's innovation services performed by Village Sawojajar Malang. SINGO service is an internet-based community service. Through the application of the community, neighborhood or village head staff can monitor the entire file of mail coming into the village. So from this service innovation is expected to ease the Government's service to the community. The community that require or take care of mailing purposes in the village stay complement the needed files. The research objective to describe the implementation of e-government policies through programs Singo in Sawojajar Kedungkandang Malang. Knowing contributing factor in Sawojajar Kedungkandang Malang for realized e-government policy through Singo program. Knowing the limiting factor in in Sawojajar Kedungkandang Malang in E-government policy through Singo program. This study uses the basic theory of Budi Riyanto as the concept of digital services on e-government. The theory is focused on the availability of e-government applications that support public services primarily to efficiency and service information. The survey results revealed the implementation of the program in Sawojajar Kedungkandang Malang in addition to service to the community, as well as to facilitate the public to access the information needed. The role of management information system to improve public service of the deficiency in information delivery at the Village in Sawojajar Kedungkandang Malang. Factors supporting the implementation of the program in Sawojajar Kedungkandang Malang in improving the quality of public services is the availability of hardware and software applications Singo. While the inhibiting factor is the problem of consciousness and thinking paradigm of society to a digital-based services. The second limiting factor is the slow network connection, Frequent power die so that the work was delayed. The second limiting factor is human resources. Where RT and RW is not maximized its performance for a low mastery of the technology, such as computers and devices.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/473/051806794
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, e-government, program SINGO public services, e-government, Singo program
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management > 352.380 285 Computer applications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 May 2019 02:15
Last Modified: 21 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164821
[thumbnail of Thiko Al Fahry.pdf] Text
Thiko Al Fahry.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item