Analisis Distribusi Sedimen Pantai Akibat Pengaruh Faktor Hidro-Oseanografi Di Pantai Teluk Penyu Perairan Cilacap, Jawa Tengah

Arfah, Siti Hajar (2018) Analisis Distribusi Sedimen Pantai Akibat Pengaruh Faktor Hidro-Oseanografi Di Pantai Teluk Penyu Perairan Cilacap, Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis persebaran sedimen dapat memberikan informasi mengenai abrasi maupun sedimentasi yang ada pada suatu pantai. Pengukuran butir sedimen ini bertujuan agar dapat mengetahui tingkat angkut sedimen oleh arus berdasarkan diagram hjulstrom, sehingga dapat menentukan abrasi maupun sedimentasi. Analisis persebaran sedimen ini merupakan faktor pendukung dalam penentuan perubahan garis pantai yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kondisi Hidro-Oseanografi yang terdapat di Pantai Teluk Penyu, Mengetahui ukuran butir dan jenis sedimen yang terdapat di Pantai Teluk Penyu, Mengetahui arah sebaran sedimen berdasarkan faktor-faktor Hidro-Oseanografi di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah. Adapun waktu pelaksanaan penelitian ini yakni pada bulan Februari 2018. Penelitian ini melakukan pengambilan data secara primer dan sekunder. Data yang diambil secara primer diantaranya sampel sedimen, pengukuran kecepatan arus dan tinggi gelombang. Sedangkan data yang diambil secara sekunder yaitu keadaan pasang surut. Pengukuran butir sedimen dilakukan dengan menggunakan metode ayak kering. Pengelempokan dan penentuan jenis sedimen dilakukan menggunakan skala Wenworth dan segitiga Sheppard yang selanjutnya menentukan nilai phi untuk analisis granulometri agar didapat nilai rata-rata ukuran butir sortasi, skewness dan kurtosis. Pengambilan sampel diambil menjadi tiga stasiun, yaitu stasiun A di wilayah groin dengan panjang 196 m, stasiun B di wilayah groin yang pendek (186 m) dan stasiun C di wilayah yang tidak memiliki groin. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu tinggi gelombang pada Pantai Teluk Penyu berkisar mulai dari 0,17 m – 0,27 m dengan rata-rata tinggi gelombang 0,2216 m. Kecepatan arus Pantai Teluk Penyu berkisar mulai dari 0,20 m – 0,29 m dengan rata-rata kecepatan arus 0,1547 m/s. Mayoritas sedimen yang ada di Pantai Teluk Penyu, Jawa Tengah berupa pasir halus. Berdasarkan Diagram Hjulstrom didapat semua titik pangambilan sampel berada diantara Transport As Bedload yakni kondisi sedimen yang berada di Pantai Teluk Penyu bergerak di dasar perairan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/946/051811945
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.3 Surface and exogenous processes and their agents > 551.304 Transported materials (Sediments)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:08
Last Modified: 17 Oct 2019 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164810
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item