Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Akbar, Muhammad Yusron (2018) Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan perikanan merupakan pusat pengembangan ekonomi perikanan yang ditinjau dari aspek produksi, pengolahan, dan pemasaran. Pelabuhan perikanan pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo merupakan satu-satunya pelabuhan perikanan pantai yang berada di Kota Probolinggo. Dalam hal ini pelabuhan perikanan pantai mayangan, Kota Probolinggo perlu memperhatikan kinerja operasionalnya sehingga apa yang menjadi sasaran, tujuan, misi dan visi pelabuhan tersebut tercapai. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui aktivitas dan kinerja operasioanal pelabuhan perikanan pantai Mayangan, Kota Probolinggo, yang dapat digunakan sebagai dasar penyelesaian permasalahan yang ada. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo. Pengambilan data dilakukan pada bulan Desember 2017. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif untuk mengetahui aktivitas operasional PPP Mayangan Kota Probolinggo dan scoring method untuk mengetahui kinerja operasional PPP Mayangan Kota Probolinggo. Hasil analisis diperoleh bahwa aktivitas tambat labuh/pendaratan ikan dan aktivitas pelayanan kebutuhan melaut cenderung mengalami peningkatan dalam pemenuhannya selama lima tahun terakhir (2011 – 2016), kecuali pada tahun 2012 mengalami penurunan. Hasil scoring method diperoleh bahwa kinerja operasional PPP Mayangan Kota Probolinggo pada tahun 2017 cukup baik memiliki nilai rill 3,91. Nilai tersebut merupakan tingkat pencapaian yang tinggi pada tahun 2017 oleh PPP Mayangan Kota Probolinggo terdiri dari nilai parameter produksi, parameter frekuensi jumlah kapal, parameter penyedian perbekalan melaut yang meliputi sub parameter BBM, sub parameter es, sub parameter air bersih, parameter pemasaran yang meliputi sub parameter lokal , sub parameter luar kota dan parameter kepuasan nelayan. Hal ini berarti bahwa terdapat beberapa pelayanan fasilitas yang harus diperhatikan oleh pihak Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo. Pemerintah merupakan pihak yang memiliki peran sangat penting di dalam peningkatan kinerja operasional Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/538/051806256
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Jul 2019 01:36
Last Modified: 08 Jul 2019 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164702
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item