Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dau, Dak, Dan Dbh Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Melalui Belanja Modal (Studi Kasus Pada 35 Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2016)

Kumala, Dayana Novita Candra (2018) Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dau, Dak, Dan Dbh Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Melalui Belanja Modal (Studi Kasus Pada 35 Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Bagi Hasil (DBH) terhadap belanja modal dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi yang terdiri dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan adalah data PDB atas dasar harga konstan untuk melihat pertumbuhan ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), dan Belanja Modal di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah dari tahun 2012-2016. Data yang digunakan bersumber dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah, serta sumber data keuangan terkait lainnya. Pengujian dilakukan dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis model pertama menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Bagi Hasil (DBH) secara signifikan berpengaruh terhadap belanja modal. Hasil analisis model kedua menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Belanja Modal secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, sedangkan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) tidak signifikan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/320/051807776
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), Belanja Modal dan Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.48 Budgeting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:04
Last Modified: 19 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164700
[thumbnail of DAYANA NOVITA CANDRA KUMALA.pdf]
Preview
Text
DAYANA NOVITA CANDRA KUMALA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item