Perbandingan Makronuklei dan Mikronuklei Ikan Kerapu Cantang (Epinephelus sp.) dengan Treatment Spirulina platensis, Dunaliella salina, Chlorella vulgaris, Nannochloropsis oculata terhadap Infeksi Viral Nervous Necrosis (VNN)

Effendy, Wildan (2018) Perbandingan Makronuklei dan Mikronuklei Ikan Kerapu Cantang (Epinephelus sp.) dengan Treatment Spirulina platensis, Dunaliella salina, Chlorella vulgaris, Nannochloropsis oculata terhadap Infeksi Viral Nervous Necrosis (VNN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi perikanan melalui perluasan lahan perikanan dengan memanfaatkan perairan umum adalah budidaya ikan di perairan umum. Kegiatan budidaya didunia perikanan telah mengalami perkembangan yang cukup tinggi salah satu subsektor dari kegiatan budidaya perikanan yaitu budidaya ikan laut yang kini cukup banyak diminati oleh nelayan karena kegiatan penangkapan mulai mengalami penurunan hasil dalam beberapa tahun terakhir.Air sebagai media tempat hidup organisme akuatik harus memenuhi persyaratan kuantitas (jumlah) dan kualitas (mutu). Tetapi akhirakhir ini terdapat permasalahan pada kegiatan budidaya, kematian ikan yang disebabkan oleh virus Viral Nervous Necrosis (VNN). Salah satu penyakit yang telah dilaporkan oleh peneliti adalah viral nervous necrosis (VNN) yang dapat menyebabkan kematian massal pada ikan kerapu. Ketersediaan fitoplankton sangat dibutuhkan terutama pada usaha pembenihan udang dan ikan. Disamping sebagai sumber protein, karbohidrat dan lemak, pakan alami terutama mikroalga merupakan sumber utama asam lemak esensial Uji mikronuklei digunakan untuk mendeteksi genotoksik di dalam perairan dengan cara uji sampel pada sel darah merah (eritrosit) ikan. Semakin tinggi jumlah mikronuklei maka semakin tinggi pencemaran yang ada diperairan tersebut begitu pula sebaliknya semakin rendah jumlah mikronuklei pada ikan maka tingkat pencemaran pada perairan tersebut juga rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan kualitas makronuklei dan mikronuklei pada ikan kerapu cantang (Epinephelus sp.) yang terinfeksi Viral Nerveous Necrosis (VNN) di bak pemeliharaan dengan pemberian Spirulina platensis, Dunaliella salina, Chlorella vulgaris, dan Nannochloropsis oculata. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis infeksi Viral Nerveous Necrosis (VNN) pada ikan kerapu dengan menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction), analisis histopatologi organ ikan kerapu untuk mengetahui Mikronuklei dan Makronuklei, dan analisis data kualitas air dilakukan dengan membandingkan data kualitas air yang diteliti dengan nilai optimal parameter kualitas air untuk budidaya ikan kerapu. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan jumlah mikronuklei pada perlakuan S. platensis 13,1-13,9/100sel, perlakuan D. Salina 11,0-18,0/1000sel, perlakuan C. vulgaris 12,01-13,58/1000sel, perlakuan N. oculata 9,6-10,4/1000sel. Pemberian perlakuan dosis mikroalga yang berbeda antara 102,104,106 menunjukkan hasil yang paling baik terdapat pada dosis 104. Sedangkan Mikroalga yang paling baik pada S. platensis karena kandungan nutrisi yang lebih banyak di bandingkan mikroalga yang lain. Mikroalga yang di konsumsi ikan yang mengandung kandungan nutrisi ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan yang terserang penyakit.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/403/051805897
Uncontrolled Keywords: Perikanan, Penyakit pada Hewan, Ikan Kerapu Cantang, Makronuklei, Mikronuklei, Infeksi Viral Nervous Necrosis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.7 Perciformes > 597.73 Basses and related fishes > 597.736 Serranidae (Sea basses)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:39
Last Modified: 14 Mar 2022 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164652
[thumbnail of Wildan Effendy.pdf]
Preview
Text
Wildan Effendy.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item