Sebaran Dan Kerapatan Mangrove Di Pesisir Pantai Brumbun Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung.

Wisnu S.P, Aditya Sri (2018) Sebaran Dan Kerapatan Mangrove Di Pesisir Pantai Brumbun Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mangrove merupakan ekosistem khas pesisir yang mempunyai peranan yang sangat banyak. Kehadiran vegetasi mangrove ini berperan sebagai tempat memijah, mencari makan dan berlindung bagi biota laut. Lokasi penelitian ini berada di wilayah Pantai Brumbun dimana disana terdapat kawasan mangrove yang masih alami. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi vegetasi Mangrove di Pantai Brumbun Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung dan menghitung Indeks Nilai Penting Ekosistem Mangrove di Pantai Brumbun Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi lapang secara langsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu Jenis spesies vegetasi mangrove yang ditemukan antara lain Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Avicennia marina, Soneratia alba, Ceriops Tagal, Acantus ilicifolius, dan Nypa fruticans.Hasil kerapatan yang diperoleh dari pengolahan data primer yaitu sebesar 1581,5 ind/ha dan termasuk dalam kondisi yang baik padat dengan nilai standart ≥ 1500 ind/ha. Rhizophora mucronata mendapatkan nilai kerapatan pohon tertinggi yaitu sebesar 869 ind/ha. Nilai terendah kerapatan pohon yaitu Nypa fruticans dengan 19 ind/ha. Rhizophora mucronata memiliki nilai INP terbesar dengan 62,60% tingkat semai, 86,81% pada tingkat belta, dan nilai INP pada tingkat pohon sebesar 107,37%.Data hasil pengukuran parameter kualitas air PH, suhu, salinitas, dan DO dalam kondisi baik sesuai dengan baku mutu perairan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 51 tahun 2004 untuk biota laut.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/409/051805903
Uncontrolled Keywords: -Mangrove
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 583 Magnoliopsida (Dicotyledons) > 583.7 Rosidae > 583.76 Myrtales > 583.763 Rhizophoraceae and Sonneratiaceae
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:58
Last Modified: 08 Jul 2019 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164641
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item