Strategi Pengembangan Usaha Siomay Ikan dan Siomay Udang di Ukm Yamois, Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

Wicaksono, Hendrianto Eko (2018) Strategi Pengembangan Usaha Siomay Ikan dan Siomay Udang di Ukm Yamois, Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia yang wilayahnya sebagian besar adalah perairan ini memiliki ketersediaan bahan baku perikanan yang relatif banyak sehingga dapat dimanfaatkan untuk budidaya dan produksi ikan. Selain itu di Indonesia memiliki perairan yang ada di darat seperti sungai, danau, waduk dan rawa. Hal ini dapat menjadikan sebagai lahan usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi pengangguran. banyak usaha yang menawarkan berbagai produk dari ikan, baik ikan segar maupun ikan olahan. Banyaknya peluang usaha dari perikanan dapat menjadi lahan bisnis yang menggiurkan mulai dari usaha budidaya, industri olahan ikan sampai usaha sendiri yang menyajikan berbagai macam produk ikan. Usaha perikanan saat ini sering kita jumpai yaitu UKM (Usaha Kecil Menengah) yang menawarkan berbagai macam produk perikanan. Salah satunya yaitu UKM Yamois yang merupakan usaha pengelolaan siomay ikan dan siomay udang yang terletak di Palmera XVII no 7 B Cemorokandang Malang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis; (1) Mengetahui aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen dan aspek finansiil pada UKM Yamois. (2) Mengindentifikasi faktor internal dan faktor eksternal pada UKM Yamois. (3) Mengetahui strategi pengembangan UKM Yamois dengan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Oktober 2017 di UKM Yamois yang terletak di Kecamatan Kedungkandan Kota Malang, Jawa Timur. Jenis Penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Untuk sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari proses wawancara dan kuisioner kepada Pemilik UKM Yamois. Sedangkan data sekunder yang dikumpulkan antara lain mengenai keadaan umum lokasi penelitian dalam hal ini adalah Kecamatan Kedungkandang, letak geografis dan topografis yang didapatkan dari berbagai sumber pada penelitian terdahulu, jurnal dan internet. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Treaht). Berdasarkan Hasil analisis SWOT yang telah dilakukan menunjukkan bahwa UKM Yamois terletak pada kuadran l yang berarti bahwa UKM Yamois dapat memanfaatkan suatu kekuatan dan peluang yang ada dengan strategi SO (Strenght Opportunity) untuk mengengembangkan usaha tersebut dan didukung oleh strategi pertumbuhan agresif atau Growht Oriented Strategy.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/400/051805894
Uncontrolled Keywords: Ukm Yamois
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 Jul 2019 06:59
Last Modified: 03 Jul 2019 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164585
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item