Nurkarimah, Indah (2018) Persepsi Masyarakat Kelurahan K Kabupaten B Pada Sekolah Inklusi PAUD C di Kabupaten B. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya sekolah inklusi pertama di sebuah Kabupaten B Kelurahan K yaitu sekolah inklusi PAUD C. Sekolah inklusi merupakan sekolah yang menampung semua siswa berkebutuhan khusus maupun yang non berkebutuhan khusus di kelas yang sama, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tiap-tiap siswa. Sekolah inklusi PAUD C merupakan sekolah yang dikenal gratis dan memiliki relawan sebagai guru. Keadaan tersebut menurut pihak sekolah tidak semua orang meresponnya dengan baik. Respon yang tidak baik tersebut mempengaruhi kinerja tenaga pengajar yang diantaranya membuat down effect dan motivasi mengajar dirasa menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana persepsi masyarakat sesungguhnya mengenai sekolah inklusi PAUD C, karena selama ini peneliti hanya mengetahui dari sisi pihak sekolah saja. Pada penelitian ini menggunakan konsep Bimo Walgito tentang persepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumen, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi dari masyarakat yang memberikan penilaian terhadap sekolah PAUD C diantaranya yaitu persepsi positif dan negatif dimana mereka yang berpersepsi positif menganggap sekolah inklusi PAUD C sebagai sekolah yang kompetitif dan sebagai sekolah motivator. Sedangkan yang berpersepsi negatif menilai bahwa sekolah PAUD C sebagai sekolah gratis namun tidak mementingkan kualitas dan sebagai sekolah yang biasa saja yang masih bagus kualitasnya dengan sekolah PAUD lainnya.
English Abstract
This research is motivated by the emergence of the first inclusion school in a District B, K Village, namely PAUD C inclusion school. Inclusion school is a school that accommodates all students with special needs and non-special needs in the same class, according to the needs and abilities of each student. The PAUD C inclusion school is a school that is known to be free and has volunteers as teachers. This situation according to the school, not everyone responds well. Like the narrative of one of the volunteers whose performance is still doubtful because they are only high school graduates and the condition of the school without cost is still considered a quality question. The bad response affects the performance of the teaching staff, which among other things makes down effects and teaching motivation felt decreasing. The purpose of this study was to explain how the real perception of the community about the PAUD C inclusion school, because all this time the researchers only knew from the side of the school. In this research, using the concept of perception by Bimo Walgito.The research method used is a qualitative method with a descriptive approach and data collection techniques through observation, documents, and interviews. The results of the study showed that perceptions from the community that gave an assessment of PAUD C inclusion schools were positive and negative perceptions where those who had positive perceptions considered the PAUD C inclusion school as a competitive school and as a motivator school. Whereas those with negative perceptions judged that PAUD C schools were free schools but did not attach quality and as normal schools that were still of good quality with other PAUD schools.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/949/051811779 |
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Inklusi, Persepsi Inclusion School, Perception |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.9 Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 08:35 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164420 |
Text
Indah Nurkarimah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |