Perbedaan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Mahasiswa Tingkat Akhir

Nugroho, Ibnu Haidar (2018) Perbedaan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Mahasiswa Tingkat Akhir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tigkat akhir. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan melibatkan sampel sebanyak 134 responden yang termasuk kategori mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir. Instrumen skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik yang dibuat dengan mengacu pada dimensi yang dikemukakan oleh Ferarri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat , 31 (23,1%) responden memiliki prokrastinasi akademik dengan kategori tinggi, 81 (60,4%) responden dengan kategori sedang, dan 22 (16,4%) responden dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dengan skor (51.00) daripada mahasiswa Tingkat awal dengan nilai rata rata (48,04). Hasil uji independent t test menunjukkan nilai t untuk skor prokrastinasi akademik adalah sebesar -2.571. dengan nilai p (0,012) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat awal dengan mahasiswa tingkat akhir.

English Abstract

This Research was conducted with purpose to find the differences between Procrastination of the early year college students and late college students. This research using quantitative design with 134 students of early year college students and late college students as subjects. The scale used in this research was an Academic Procrastination Scale created with reference to the dimensions proposed by Ferarri. The result shows 31 (23,1%) of respondents with high level of Academic Procrastination , 81 (60,4%) respondents with medium level of Academic Procrastination and (16,4%) respondents with low level of Academic Procrastination. The result of hypothesis test shows that the late college students had higher mean score of academic procrastination with score (51,00) than the early college students mean score (48,04). The Independence t-test result shows that the t score for the academic Procrastination were -2.571 with p (0,012) < 0,005 with conclusion there was significant difference of Academic Procrastination level between early college students and late college students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/939/051811769
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Tingkat Akhir, Mahasiswa Tingkat Awal, Prokrastinasi Akademik. Academic Procrastination, Early College Students, Late College Students
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 179 Other ethical norms > 179.8 Vices, faults, failings
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:34
Last Modified: 25 Oct 2021 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164378
[thumbnail of Ibnu Haidar Nugroho.pdf]
Preview
Text
Ibnu Haidar Nugroho.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item