Kajian Teknis dan Ekonomis Kapal Ikan Gillnet di Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Ratna P, Dwi Ayu (2018) Kajian Teknis dan Ekonomis Kapal Ikan Gillnet di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama ini pembuatan kapal gill net di Pamekasan hanya dibuat berdasarkan pengalaman nelayan saja tanpa adanya pertimbangan dan pengetahuan mengenai hubungan desain, stabilitas dan kecepatan pada kapal tersebut. Meski saat dioperasikan kapal tersebut dapat beroperasi, namun belum tentu sesuai dengan standar IMO untuk kapal kecil. Untuk menentukan nilai ekonomis kapal ikan diperlukan beberapa perhitungan seperti menghitung biaya operasional penggunaan kapal, biaya investasi pembuatan kapal, biaya perawatan kapal, dan lain-lain. Sehingga memperoleh hasil layak atau tidaknya suatu kapal ikan yang beroperasi di Indonesia khususnya di wilayah Pamekasan yang menggunakan alat tangkap gillnet. Pada penelitian ini dilakukan analisa dalam aspek teknis kapal ikan gillnet di Pamekasan ditinjau dari stabilitas dan kapasitas ruang muatnya dengan menggunakan aplikasi bantuan komputer yaitu software Maxsurf dan Autocad untuk proses desain kapal, software Hidromax untuk proses analisa stabilitas kapal, sedangkan untuk menentukan kelayakan investasi kapal ikan gillnet di Pamekasan dengan menggunakan metode Payback Period (PP), Average Rate of Return (ARR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Profitability Index (PI). Untuk menganalisa teknis dan ekonomis kapal ini diperlukan 5 sampel kapal gillnet yang berada di Pamekasan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil tangkapan maksimum dan besarnya kapal serta ruang muatnya maka diperoleh hasil bahwa operasional kapal tersebut kurang efektif karena ukuran kapal kecil dan pembagian sekat pembatas yang kurang diperhatikan sehingga tempat ruang muat kapal masih lebar. Sedangkan untuk hasil analisa ekonomis kapal gillnet yaitu untuk rata-rata investasi usaha unit penangkapan gillnet sebesar Rp 94.300.000. Rata-rata biaya pengeluaran adalah Rp 163.803.000. Penghasilan kotor rata-rata dari lima kapal adalah Rp 320.000.000. dengan bagi hasil untuk ABK sebanyak 2 orang, maka setiap ABK mendapatkan 20% dari pendapatan atau 40% untuk kedua ABK. Jadi, penghasilan bersih pemilik kapal adalah 60% x Rp 320.208.000 = Rp 192.124.800 per tahun. Pada kriteria kelayakan ekonomi kapal untuk hasil Payback Period (PP) yaitu AKB tahun ke-9 sebesar Rp 6.104.785,00 dapat menutupi sisa investasi di tahun ke-8 senilai Rp 2.102.252,00. Untuk 1 tahun adalah 288 trip dengan arus kas bersih Rp 6.104.785,00. Jadi,setelah dihitung PP (sisa) maka hasil total Payback Period sebanyak 387 trip atau sekitar 112 bulan. Dari perhitungan ARR-nya, hasilnya lebih besar dari tingkat keuntungan yang disyaratkan yaitu sebesar 300%, maka usaha penangkapan ini diterima. Sedangkan untuk perhitungan NPV-nya sebesar Rp 9.356.429 dan bernilai positif yaitu nilainya > 0 yang berarti rencana investasi dapat diterima. Nilai IRR yang diperoleh adalah sebesar 18% lebih besar dari bunga pinjaman bank sebesar 14% maka IRR diterima. Profitability Index diperoleh hasil sebesar 1,09 yang artinya investasi layak dilakukan atau diterima karena syarat PI diterima adalah >1.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/431/051805993
Uncontrolled Keywords: Kapal Ikan, Desain, Stabilitas, Nilai Ekonomis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 623 Military and nautical engineering > 623.8 Nautical engineering and seamanship > 623.82 Nautical craft
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:02
Last Modified: 27 Sep 2019 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164348
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item