Komposisi Spesies Ikan Hasil Tangkapan Payang Di Pelabuhan Perikanan Pantai Puger (PPP) Jember, Kabupaten Jember

Mandha, Sisca Dellia (2018) Komposisi Spesies Ikan Hasil Tangkapan Payang Di Pelabuhan Perikanan Pantai Puger (PPP) Jember, Kabupaten Jember. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Payang merupakan alat penangkap ikan dari kantong jaring yang dioperasikan dengan menduga-duga keberadaan gerombolan ikan, penarikan dan pengangkatan jaring. Alat tangkap ini merupakan alat tangkap yang paling dominan yang mencapai 80% digunakan oleh nelayan Puger mulai dari nelayan kelas menengah ke bawah hingga atas. Tingginya hasil tangkapan payang dan adanya sifat multispesies dari hasil tangkapan payang, maka perlu adanya penelitian mengenai variasi ikan hasil tangkapan payang di PPP Puger. Tujuan penelitian ini ialah (1) Mengetahui spesies hasil tangkapan payang dan variasi jumlah spesies hasil tangkapan per kapal per trip di PPP Puger, (2) Mengetahui komposisi (%) dan variasi rata-rata berat (kg) hasil tangkapan per spesies di PPP Puger. Materi yang akan diteliti pada penelitian ini ialah identifikasi ikan hasil tangkapan payang, jumlah spesies hasil tangkapan payang per kapal per trip, dan berat hasil tangkapan per spesies. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan observasi langsung di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Puger. Ikan lisong (Auxis rochei) mendominasi sebesar 35,4% dan ada pula ikan layang (Decapterus sp.) mendominasi sebesar 23,7%. Sedangkan untuk jenis ikan lainnya seperti selar, bawal, lemadang, tongkol abu-abu, japuh, cumi-cumi, udang rebon, julung-julung, cakalang, kembung perempuan, buntal, semar, teri, dan ikan campuran memiliki persentase kurang dari 10%. Asal kapal payang yang beroperasi di wilayah perairan Puger berpengaruh sangat nyata terhadap hasil tangkapan, serta hasil tangkapan antar kapal payang di PPP Puger berbeda sangat nyata.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/527/051806245
Uncontrolled Keywords: -Ikan Hasil Tangkapan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2019 06:52
Last Modified: 04 Jan 2021 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164332
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item