Dian, Tiara Maha (2018) Peningkatan Kualitas Produk Madu Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus Di PT Kembang Joyo Sriwijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Kembang Joyo Sriwijaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang budidaya lebah madu. PT Kembang Joyo Sriwijaya perlu mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas produknya sesuai keinginan konsumen dalam mempertahankan loyalitas konsumennya. Peningkatan kualitas produk dapat dilakukan dengan perencanaan produk, desain produk, perencanaan proses, dan kontrol proses. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan atribut prioritas pada produk madu sebagai upaya perbaikan produk madu di PT Kembang Joyo Sriwijaya dan mengetahui usulan perbaikan teknis untuk peningkatan kualitas produk madu. Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk meningkatkan kualitas produk guna memenuhi keinginan konsumen. Analisis QFD dilakukan dari fase 1 sampai fase 4, yaitu perencanaan produk, desain produk, perencanaan proses, dan kontrol proses. Kuesioner untuk menilai tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan produk madu PT Kembang Joyo Sriwijaya diberikan kepada 77 responden. Kuesioner respon teknis penilaian konsumen diberikan ke 3 pakar ahli, yaitu: pemilik PT Kembang Joyo Sriwijaya, staf produksi, dan staf quality control. Hasil penelitian menunjukkan atribut produk yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas produk madu Super PT Kembang Joyo Sriwijaya adalah: harga, warna kemasan, bentuk kemasan, kemudahan membuka produk, dan warna kemasan. Respon teknis dari pihak PT Kembang Joyo Sriwijaya pada fase 1 adalah: harga terjangkau (di bawah Rp 120.000,-), perbaikan warna kemasan, inovasi kemasan produk, dan perbaikan warna produk. Respon teknis fase 2 yaitu, mengurangi volume produk menjadi 600 ml, pemilihan kombinasi warna kemasan yang tepat, penggunaan model tutup kemasan flip, komposisi campuran 3 jenis diversifikasi produk lebah madu. Respon teknis fase 3 yaitu, VIII penyediaan bahan kemas 600 ml, pemilihan warna cetak label, koordinasi dengan supplier kemasan untuk penggantian model tutup kemasan (flip), dan penerapan standard operational procedure (SOP) pencampuran 3 jenis diversifikasi produk lebah madu. Respon teknis fase 4 yaitu, pemantauan harga jual produk (Rp 117.000,- untuk 600 ml), melakukan kontrol label, melakukan kontrol kemasan, penambahan proses filter, dan pengawasan proses pencampuran 3 jenis diversifikasi produk lebah madu. Prioritas perbaikan pada fase 1 adalah harga terjangkau (di bawah Rp 120.000,-), fase 2 mengurangi volume menjadi 600 ml, fase 3 penyediaan bahan bahan kemas 600 ml, fase 4 pemantauan harga jual produk (Rp 117.000,- untuk 600 ml). Usulan perbaikan teknis yang dapat diterapkan untuk meningkatan kualitas produk madu Super PT Kembang Joyo Sriwijaya terdapat pada fase 4, yaitu: pemantauan harga jual produk (Rp117.000,- untuk 600 ml), melakukan kontrol label, melakukan kontrol kemasan, serta penambahan proses filter dan pengawasan proses pencampuran 3 jenis diversifikasi produk lebah madu.
English Abstract
PT Kembang Joyo Sriwijaya is one company engaged in the field of honey bee cultivation. PT Kembang Joyo Sriwijaya need to maintain and even improve the quality of its products according to the demand of consumers in maintaining customer loyalty. Product quality improvement can be done by product planning, product design, process planning, and process control. This study aim to determine the priority attribute of honey products as an effort to improve the product of honey in PT Kembang Joyo Sriwijaya and to recommend for quality improvement of honey product. Quality Function Deployment (QFD) was used to improve product quality in order to fulfill consumer's desire. QFD analysis was done from phase 1 to phase 4, i.e. product planning, product design, process planning, and process control. Questionnaires for assessment of importance and satisfaction were given to 77 respondents. In order to determine technical response other questionnaires were given to 3 experts i.e.: owner of PT Kembang Joyo Sriwijaya, staff of production, and staff of quality control. The results showed that the product attributes which should be improved for quality improvement of Super Kembang Joyo Sriwijaya's honey products were: price, packaging color, packaging form, ease of opening product, and color of product. The technical responses given by PT Kembang Joyo Sriwijaya in phase 1 were: affordable price (below Rp 120.000, -), packaging color improvement, product packaging innovation, and product color improvement. Phase 2 technical response were to reduce the volume of the product to 600 ml, the selection of the right color combination of packaging, the use of the flip pack cover model, the mixture composition of 3 types of honey bee product diversification. Phase 3 technical response, were the supply of 600 ml packing materials, the color selection of label prints, X coordination with packaging suppliers for flip-over replacement models, and the application of standard operational procedure (SOP) of the mixing of 3 different types of honey bee products diversification. Phase 4 technical response, monitoring product selling price (Rp 117,000, - for 600 ml), controlling the label, controlling the packaging, adding the filter process, and supervising the mixing process of 3 different types of honey bee products diversification. Priority improvements in phase 1 were affordable (below Rp 120,000, -), phase 2 reduces volume to 600 ml, phase 3 supplies 600 ml packing materials, phase 4 monitoring of product selling price (Rp 117,000, - to 600 ml). The proposed technical improvements that can be applied to improve the quality of Honey PT Super Kembang Joyo Sriwijaya products were in phase 4, i.e.: monitoring the selling price of the product (Rp117.000, - for 600 ml), controlling the label, controlling the packaging, and adding the filter process and supervision of the mixing process of 3 types of diversification of honeybee products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/163/051804159 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Madu, Prioritas, Usulan Perbaikan,/ Product Quality, Honey, Priority, Proposed Improvement |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 638 Insect culture > 638.1 Bee keeping (apiculture) / Bee culture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 02:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 02:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164320 |
Actions (login required)
View Item |