Strategi Pengembangan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Dalam Peningkatan Pendapatan Nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Trenggalek, Jawa Timur.

Aprilyana, Citra Hapsari (2018) Strategi Pengembangan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Dalam Peningkatan Pendapatan Nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Trenggalek, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 8 Tahun 2012, Pelabuhan perikanan adalah tempat yang terdiri atas daratan dan perairan disekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan sistem bisnis perikanan yang digunakan sebagai tempat kapal perikanan bersandar, berlabuh, dan bongkar muat ikan yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang perikanan. Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi dibangun di atas lahan seluas 7,5 Ha dengan luas tanah 14,1 Ha dan luas kolam labuh 16 Ha. Terletak pada posisi koordinat 111o 24‟ - 112o 11‟ BT dan 7o 53‟ – 8o 34‟ LS, tepatnya di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur. Tujuan dari kegiatan Praktik Kerja Magang di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Prigi yaitu: mengetahui peranan dan kondisi fasilitas Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, serta permasalahan yang ada di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, mengetahui pengembangan Fasilitas apa saja yang diperlukan dalam menunjang peningkatan pendapatan nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi dan mengetahui indeks relatif produksi Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Metode yang digunakan pada kegiatan Praktik Kerja Magang ini adalah partisipasi aktif dengan pengambilan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta ikut serta langsung dengan cara mengikuti kegiatan aktif di tempat praktik kerja magang. Fasilitas yang ada di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi ada 3, yaitu fasilitas pokok, fungsional dan penunjang. Fasilitas pokok untuk pelayaran, yaitu: lahan , kolam pelabuhan (sebelah barat dan timur), breakwater, dermaga, jalan komplek, revetment, jetty (2 unit). Fasilitas fungsional untuk pelayanan kebutuhan lain, yaitu: kantor administrasi, gedung TPI, SPDN, instalasi air, bengkel, jaringan PLN , jaringan telpon, jaringan internet, lampu navigasi, cold storage Fasilitas penunjang untuk menunjang kegiatan nelayan, yaitu: rumah dinas, guest house, balai pertemuan nelayan, mess operator, kios tertutup, kendaraan dinas, bangsal pengolahan, bangunan parkir, gudang keranjang, garasi, rumah jaga, rumah genset, gudang perlengkapan, rumah pompa, gudang es, tempat pengepakan ikan, mck umum, musholla pelabuhan, kanopi dermaga, kanopi perbaikan jaring, wisma nelayan, kamera CCTV. Indeks Relatif produksi perikanan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi (I) < 1 yang dapat disimpulkan bahwa kualitas pemasaran ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi kurang baik. Sistem cash and carry yang mendasari tidak adanya sistem lelang secara langsung yang berada di TPI, sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada peningkatan pendapatan nelayan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/537/051806255
Uncontrolled Keywords: -Pelabuhan Perikanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2019 01:56
Last Modified: 23 May 2019 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164288
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item