Komunitas Musik Malang Blues Colony (MBC) Dan Upaya Membangun Identitas Bermusik Di Kota Malang (Studi Deskripsi Di Kota Malang)

Kusuma, Okfrido Suslian (2018) Komunitas Musik Malang Blues Colony (MBC) Dan Upaya Membangun Identitas Bermusik Di Kota Malang (Studi Deskripsi Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malang Blues Colony atau MBC merupakan salah satu komunitas pecinta musik blues yang dibentuk untuk menyatukan para pecinta musik blues di area Malang. Malang Blues Colony ini sendiri dibentuk sebagai wadah untuk orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan musik blues. Musik blues masih kalah untuk sekedar dikenal banyak orang kususnya masyarakat di kota Malang. Sering diadakannya acara atau pagelaran musik yang jarang diadakan untuk musik blues. Hal tersebut dapat dilihat melalui papan reklame hingga spanduk – spanduk yang terpasang di tepian jalan raya masih tetap langkah ditemukannya acara yang terdapat musik blues di dalamnya. serta menarik terbilang muda yang sudah mulai menggeluti musik blues. Sejarah musik yang panjang di Kota Malang membuat penulis tertarik untuk melihat perkembangan musik di Kota Malang terutama musik Blues dikarenakan aliran musik lain seperti pop,rock dan jazz mempunyai identitas yang cukup kuat di Malang dan eksistensinya terasa hingga sekarang di bandingkan musik blues eksistensinya sangat minim di Kota Malang. Perkembangan MBC sendiri dimulai dari radio lokal Malang yaitu radio Mas FM yang kemudian membentuk sebuah program di stasium radio tersebut. Antusias penikmat musik di Malang terhadap musik blues yang cukup bagus ditandai dengan seringnya berkumpul anggota MBC. MBC dalam menjaga eksistensinya dengan selalu mengadakan pagelaran musik yang di dalamnya terdapat band – band yang beraliran blues, jadi band-band tersebut kebanyakan di undang untuk mengisi acara blues di Malang. Pebelitian ini bertujuan untuk memahami Malang Blues Colony dalam membangun identitas bermusiknya di Kota Malang serta memahami cara-cara yang dilakukan Malang Blues Colony untuk terus eksis di belantika musik di Kota Malang. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif untuk mendukung penelitian yang penulis lakukan. Menggunakan data primer berupa kata yang diucapkan oleh subyek dan data sekunder berupa data penelitian terdahlu. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancar, kemudian dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif.

English Abstract

Malang Blues Colony or MBC is a community of blues music lovers which formed to unify the blues music lovers in Malang. Malang Blues Colony formed as a place for people who have an interest in blues music. Blues music is less to be known by many people in Malang. Blues music are rarely to be hold. It can be seen through the billboards and banners of the highway still remains the step of finding an event that there is blues music in it. as well as attracting fairly young who have started wrestling in blues music. The long history of music in Malang makes the writer interested to see the development of music in Malang, especially Blues music because the flowing of other music such as pop, rock and jazz has a strong enough identity in Malang and its existence was felt today compared to the blues music existence is minimal in Malang. MBC's development started from local radio Malang, Mas FM radio, which formed a program in the radio station. The enthusiastic of music lovers in Malang to blues music is pretty good marked by the frequent gathering of MBC members. MBC in maintaining its existence by always holding a music show in which there are blues bands, so the bands are mostly invited to fill the blues event in Malang. This research is aimed to comprehend Malang Blues Colony in establishing musical identity in Malang City and understand the ways that Malang Blues Colony is done to continue to exist in music in Malang. In this study the writer uses qualitative method. By using primary data in the form of words spoken by subjects and secondary data in the form of previous research, in this study the researchers used data collection techniques by using observation, documentation, and interview, then analyzed qualitatively and described in the form of descriptive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/425/051806094
Uncontrolled Keywords: Musik Blues, Identitas, Eksistensi Blues Music, Identity, Existence
Subjects: 700 The Arts > 780 Music
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 May 2019 01:49
Last Modified: 21 Oct 2021 06:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164287
[thumbnail of Okfrido Suslian Kusuma.pdf]
Preview
Text
Okfrido Suslian Kusuma.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item