Ulumudin, Anas (2018) Analisa Pengaruh Hauling Purse Seine Terhadap Stabilitas Kapal Ikan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPN) Prigi Trenggalek Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kapal perikanan merupakan sarana untuk menunjang operasi kegiatan perikanan tangkap agar lebih efektif dan efisien. Kapal ikan di Indonesia sangat beragam bentuknya, hal ini dapat dilihat hampir di setiap wilayah pesisir pantai Indonesia memiliki bentuk desain kapal yang berbeda. Dalam perencanaan pembangunan kapal ikan, perlu diperhatikan stabilitas kapal. Stabilitas kapal merupakan hal terpenting bagi pelayaran kapal sewaktu digunakan operasi penangkapan ikan pada berbagai kondisi cuaca dalam batas-batas kemampuannya. Stabilitas kapal dapat diartikan sebagai kemampuan kapal untuk kembali ke posisi semula setelah menjadi miring akibat moment temporal, moment temporal dapat disebabkan oleh angin, gelombang, distribusi muatan, berat ppmuatan di dek, di kapal, dan lain-lain (Fyson, 1985). Perbedaan jenis alat tangkap akan mempengaruhi desain konstruksi dan tata letak dan peralatan yang ada di kapal. Perubahan distribusi berat dan letak barang di kapal juga akan mempengaruhi perbedaan stabilitas kapal di saat berangkat menuju fishing ground, saat melakukan operasi penangkapan (setting dan hauling) serta saat kapal kembali ke pelabuhan sehingga perlu adanya penelitian terhadap kestabilan kapal pada saat penarikan jaring purse seine. Oleh karena itu penulis memilih judul “Analisa Pengaruh Hauling Purse Seine Terhadap Kestabilan Kapal Ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Trenggalek.” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui stabilitas kapal pada saat hauling purse seine pada kondisi kapal muatan kosong, muatan separuh, dan muatan penuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif untuk membandingkan nilai kondisi hidrostatis, stabilitas kapal dengan standar kriteria yang berlaku. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ukuran utama kapal purse seine KM Fadillah yang diperoleh dari identifikasi data lapang di PPN Prigi Trenggalek, yaitu LoA = 20 meter, B = 5.5 meter, H = 1.7 meter dan T = 0.7 meter. Kapasitas ruang muat = 10 ton, hasil tangkapan untuk 1 kali hauling 1 s.d 3 ton. KM Fadillah memiliki nilai stabilitas yang baik dan telah memenuhi standar Kriteria IMO dari mulai keberangkatan, pada saat hauling purse seine, maupun kapal pada saat pulang. Nilai stabilitas kapal paling baik ketika kapal terisi penuh. Stabilitas terburuk terjadi pada saat hauling purse seine ketika hasil tangkapan nelayan mencapai 6 ton. Rata – rata hasil tangkapan nelayan di PPN Prigi adal 3-5 ton. Kapal Ikan di Prigi mempunyai nilai stabilitas sangat baik pada saat hauling purse seine, tidak pernah ada kecelakaan kapal pada saat hauling purse seine.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2018/982/051900337 |
Uncontrolled Keywords: | -Pelabuhan ikan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 21 May 2019 02:56 |
Last Modified: | 21 May 2019 02:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164197 |
Actions (login required)
View Item |