strategi pengendalian pendapatan operasional pelabuhan di pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Prigi kabupaten trenggalek.

Rahman, Harits Faisal (2018) strategi pengendalian pendapatan operasional pelabuhan di pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Prigi kabupaten trenggalek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada akhir bulan februari 2018 sampai dengan bulan maret awal 2018 di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi Kabupaten Trenggalek. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi strategi menstabilkan pelabuhan di pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Prigi Kabupaten Trenggalek dan untuk mengetahui upaya untuk menstabilkan pendapatan operasional pelabuhan di pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Prigi Kabupaten Trenggalek. Data yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer antara lain data hasil observasi (survey), wawancara (interview), dokumentasi kepada nelayan, masyarakat sekitar dan pegawai pelabuhan tentang fasilitas operasional pelabuhan. Sedangkan data sekunder yaitu data pendapatan operasional pelabuhan, nelayan, armada kapal, alat tangkap, data fasilitas pokok dan fasilitas fungsional pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Prigi Kabupaten trenggalek. Untuk mengetahui situasi yang mempunyai peluang besar yang akan dikembangkan menurut kekuatan dan peluang yang dimiliki, digunakan analisis menggunakan Microsoft Excel dengan metode analisis SWOT, sedangkan Analisis Quantitative Strategi Planning Matrix (QSPM) yaitu tahap penentuan strategi dengan matrik menggunakan data lanjutan dari analisis SWOT, dengan demikian metode analisis QSPM bertujuan untuk kemenarikan relative dari strategi-strategi yang telah di pilih, sehingga didapatkan dalam optimalisasi pendapatan operasional pelabuhan di pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Prigi Kabupaten Trenggalek. Analisis data pengaruh sumber pendapatan operasional pada 15 variabel, memiliki hasil bahwa yang paling berpengaruh signifikan dalam perolehan pendapatan operasional pelabuhan adalah variabel 5 yaitu penyedia jasa penggunaan cold room, freezer, cold storage, variabel 13 penyedia jasa kebersihan, dan variabel 4 yaitu jasa pas masuk harian pelabuhan. Lalu hasil yang didapat pada matrik grand strategi adalah strategi pengendalian pendapatan operasional pelabuhan PPN Prigi berada pada kuadran satu, yaitu memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, sehingga strategi yang dipakai adalah dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Analisis data Quantitative Strategi Planning Matrix (QSPM) secara keseluruhan dari hasil perhitungan analisis ini rekomondasi yang harus diimplementasikan terlebih dahulu adalah Institution Development (lembaga pengembangan berupa pengelola PPN Prigi) sebagai pendukung untuk perkembangan pendapatan operasional pelabuhan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/547/051806265
Uncontrolled Keywords: Operasional pelabuhan perikanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 May 2019 02:17
Last Modified: 14 Feb 2022 01:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164188
[thumbnail of Harits Faisal Rahman.pdf]
Preview
Text
Harits Faisal Rahman.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item