Implementasi Audit Berbasis Risiko Untuk Meningkatkan Kinerja Otoritas Jasa Keuangan (Studi Kasus Pada Otoritas Jasa Keuangan)

Turnip, Yovano Matthew MS (2018) Implementasi Audit Berbasis Risiko Untuk Meningkatkan Kinerja Otoritas Jasa Keuangan (Studi Kasus Pada Otoritas Jasa Keuangan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan serta implementasi audit berbasis risiko yang diterapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan untuk mengetahui bagaimana peranannya terhadap manajemen risiko di Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara mendalam. Data yang diperoleh merupakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber informasi (informan) dan dari catatan di lapangan yang relevan dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian diketahui proses, tahap-tahap, siapa saja yang berperan, kelemahan dan kelebihan serta pelaksanaan audit berbasis risiko. Dengan audit berbasis risiko, maka risiko-risiko yang ada didalam OJK bisa diperkirakan dan ditekan pada tingkat terjadinya sebelum risiko tersebut terjadi, dan juga risiko yang belum diketahui dapat diketahui oleh OJK. Dalam melakukan manajemen risiko, OJK membuat sebuah profil risiko agar nantinya setiap risiko yang ada dapat dinilai, dievaluasi serta dilakukan mitigasi secara efektif. Selain itu, OJK juga menggunakan standar untuk melakukan audit berbasis risiko yaitu ISO 9001:2015 dan Internal Audit Capability Model for Public Sector (IACM)

English Abstract

This study aims to find out how the approach and implementation of risk-based audit applied by Otoritas Jasa Keuangan (OJK) and to know how its role to risk management in Otoritas Jasa Keuangan (OJK). This research uses descriptive qualitative research method with data collection technique that is done in depth interview. The data obtained is the primary data that is data obtained directly from the source information (informants) and from the records in the field relevant to the problem under study. From the research results are known the process, stages, who plays, weaknesses and advantages and the implementation of risk-based audit. With a risk-based audit, the risks in OJK can be estimated and suppressed at the level of occurrence before the risk occurs, and also the risks that the OJK has yet to know about. In conducting risk management, OJK creates a risk profile so that any existing risks can be assessed, evaluated and mitigated effectively. In addition, OJK also uses standards to conduct risk-based audits, namely ISO 9001: 2015 and the Internal Audit Capability Model for Public Sector (IACM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/617/051811121
Uncontrolled Keywords: : Audit Internal, Risiko, Audit Berbasis Risiko, Manajemen Risiko, Internal Audit, Risk, Risk Based Audit, Risk Management
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting > 657.45 Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:27
Last Modified: 20 Oct 2021 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164158
[thumbnail of Yovano Matthew MS Turnip.pdf]
Preview
Text
Yovano Matthew MS Turnip.pdf

Download (24MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item