Hanifati, Nerissa Arviana (2018) Pengaruh Value Creation Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Industri Perbankan Indonesia Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh value creation terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada industri perbankan Indonesia yang listing di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2016. Value creation diukur dengan Value Added Intellectual Coefficient (VAIC). Kinerja keuangan diukur dengan Return on Assets (ROA), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan Market to Book Value (M/B). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan perbankan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa value creation berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan industri perbankan Indonesia. Hal tersebut berarti bahwa peningkatan value creation dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan menjadi elemen potensial dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pasar memberikan nilai perusahaan lebih tinggi ketika perusahaan memiliki kemampuan value creation yang lebih tinggi.
English Abstract
This research aims to examine the impact of value creation on financial performance and firm value of banking companies that listed in Indonesia Stock Exchange in the period of 2014-2016. Value creation is measured by the Value Added Intellectual Coefficient (VAIC). Financial performance is measured by Return on Assets (ROA), while the firm value is measured by Market to Book Value (M/B). The sample in this research was 14 banking companies that taken by purposive sampling method. The analytical technique used in this research is the simple linear regression. The result shows that value creation has significant positive effect on financial performance and firm value of the Indonesian banking industry. It means that the increase in value creation benefits the company and it becomes the potential element to improving the company's financial performance. This research also shows that market appraise the company with higher value when firms have higher value creation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/237/051805103 |
Uncontrolled Keywords: | value creation, kinerja keuangan, nilai perusahaan, value creation, financial performance, firm value |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 20 May 2019 02:33 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164133 |
Text
NERISSA ARVIANA HANIFATI.pdf Restricted to Registered users only Download (29MB) |
Actions (login required)
View Item |