Nuswantari, Astri (2018) Determinan Intensi Nasabah Lembaga Keuangan Syariah Dalam Menggunakan Akad Wadiah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk tabungan berakadwadiahrupanya lebih diminati dibandingkan produk tabungan lainnya meskipun tidak memberikan bunga maupun bagi hasil kepada nasabahnya, sehingga peneliti ingin mengali pengaruh sikap, norma subjektif, dan religiusitas terhadap intensi dalam menggunakan tabungan berakad wadiah. Penelitian ini menggunakan metode survei kuesioner daring dan luring dengan jumlah sampel penelitian yang ditentukan menggunakan judgement sampling karena adanya keterbatasan informasi mengenai populasi dari nasabah lembaga keuangan syariah yang menggunakan tabungan berakad wadiah. Keseluruhan jumlah data yang diperoleh adalah sebesar 109 data yang kemudian dianalisis menggunakan model partial least square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasikap dan norma subjektif memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi, sehingga membuktikan bahwa teori tindakan beralasan dapat digunakan untuk menjelaskan intensi nasabah lembaga keuangan syariah dalam menggunakan tabungan berakad wadiah. Sebaliknya religiusitas tidak memiliki pengaruh terhadap intensi tersebut, sehingga lembaga keuangan syariah dapat mengembangkan strategi yang lebih inovatif untuk menarik lebih banyak nasabah, khususnya non muslim dengan mengubah paradigma masyarakat bahwa tabungan wadiah hanya diperuntukan bagi nasabah muslim saja.
English Abstract
Wadiah saving products seem to be more attractive than other saving products even though they do not provide interest or profit sharing to their customers. Therefore, the researcher intends to identify the influence of attitude, subjective norm, and religiosity on the intention of using the products. The data of this study were obtained from online and offline questionnaires to a number of samples determined by judgment sampling due to the limited information about the population of Islamic financial institution customers that use the products. 109 data from the survey were analyzed using partial least square (PLS) model in SmartPLS. The results of this study indicate that attitude and subjective norm have a significant influence on the intention, thus proving that theory of reasoned action can be used to explain the intention of Islamic financial institution customers to use wadiah saving products. Conversely, religiosity has no effect on the intention, so sharia financial institutions should develop more innovative strategies to attract more customers, especially non-Muslims, by changing the paradigm of the society that the products are only intended for Muslim customers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/280/051805716 |
Uncontrolled Keywords: | teori tindakan beralasan, religiusitas, tabungan wadiah, theory of reasoned action, religiosity, wadiah contract |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 May 2019 06:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164084 |
Text
Astri Nuswantari.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |