Karakteristik Perusahaan, Consumer Proximity, Environmental Sensitivity, Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Christitama, Iffat Hanifah (2018) Karakteristik Perusahaan, Consumer Proximity, Environmental Sensitivity, Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beberapa tahun terakhir, terdapat isu penting mengenai kerusakan dan pencemaran lingkungan yang terjadi di Indonesia, hal ini akhirnya memicu kesadaran perusahaan atas pentingnya pengungkapan tanggung jawab sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, consumer proximity, environmental sensitivity terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 108 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2016. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, consumer proximity, dan environmental sensitivity dapat meningkatkan pengungkapan tanggung jawab sosial. Semakin besar dan tinggi ukuran perusahaan, profitabilitas, consumer proximity, dan environmental sensitivity maka akan semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR yang akan dilakukan oleh perusahaan, dalam arti semakin luas aspek-aspek laporan berkelanjutan yang diungkapkan perusahaan dalam laporan tahunan maupun sustainability report. Temuan lainnya, semakin tinggi leverage, maka semakin terbatas tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan, karena perusahaan berusaha agar tidak melanggar kontrak utang dengan mengurangi aktivitas pengurang laba

English Abstract

Issues of environmental damage and pollution recently occuring in Indonesia have triggered companies’ awarness on the omportance of social responsibility disclosure. This study aims at examining the effect of company size, profitability, leverage, consumer proximity, and environmental sensitivity on the disclosure of Corporate Social Responsibility. 108 companies listed in Indonesia Stock Exchange year 2015-2016 are purposively selected as the research sample. The type of data used is secondary data, which are analyzed by multiple regression method. The results of this study indicate that company size, profitability, consumer proximity, and environmental sensitivity can improve the disclosure of social responsibility. The larger and higher the size, profitability, consumer proximity, and environmental sensitivity of the companies, the higher the level of their CSR disclosure (in terms of the annual sustainability reports). Furthermore, the higher the leverage, the more limited the level of the disclosure made by the companies as they attempt to avoid violating the debt contract and to minimize profit-reducing activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/230/051805096
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, consumer proximity, environmental sensitivity, Corporate Social Responsibility (CSR), Company Size, Profitability, Leverage, Consumer proximity, Environmental sensitivity.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:54
Last Modified: 22 Dec 2023 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164079
[thumbnail of Iffat Hanifah Christitama.pdf] Text
Iffat Hanifah Christitama.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item