Krisolita, Budi (2018) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai salah satu sumber pendapatan Pemerintah Daerah, pajak hotel memiliki potensi yang tinggi terlebih untuk daerah wisata di Indonesia. Salah satu dari faktorfaktor yang menentukan tingkat pendapatan pajak adalah kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini berusaha untuk mengulik tingkat kesadaran wajib pajak dan pengetahuan wajib pajak hotel di Kota Batu, kualitas pelayanan pajak yang disediakan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) selaku fiskus, dan pengaruh dari ketiga variabel tersebut terhadap kepatuhan wajib pajak di Kota Batu. Objek penelitian dari studi ini adalah wajib pajak hotel yang menjalankan aktivitas usaha mereka di Kota Batu. Data dari penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif ini dikumpulkan melalui kuesioner, yang disebarkan kepada 60 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data dianalisi menggunakan metode regresi linear dibantu dengan alat-alat pada aplikasi IBM SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, pengetahuan wajib pajak, dan kualitas pelayanan perpajakan memiliki pengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak hotel di Kota Batu. Implikasi dari penelitian ini adalah, pelaksanaan program-program BKD yang bertujuan untuk menumbuhkan niat patuh dapat meningkatkan nilai kesadaran wajib pajak, pengetahuan wajib pajak, dan kepuasan terhadap kualitas pelayanan perpajakan.
English Abstract
As one of important sources of local government revenue, hotel tax owns high potentials particularly for tourist areas in Indonesia. One of the factors determining the degree of tax revenue is taxpayer compliance. This study seeks to examine the level of taxpayer awareness and knowledge of hotel taxpayers in Batu City, the quality of taxation services provided by the Regional Finance Agency as the tax authorities, and the effect of the three variables on the compliance of hotel taxpayers in the city. The research object of this study is hotel taxpayer running their business activities in Batu City. The data of this quantitative explanatory research are collected through questionnaires, which are distributed to 60 respondents selected by cluster sampling technique. The data are analyzed using linear regressing method assisted by IBM SPSS 21 application tools. The result of study shows that taxpayer awareness, taxpayer knowledge, and taxation service quality have positive effect on compliance of hotel taxpayer in Batu City. The implication of this research is that implementation of BKD’s programs aimed at fostering tax-compliance intentions can add values of tax awareness, tax knowledge, and the satisfactory of taxation service quality.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/566/051810712 |
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak, Taxpayer awareness, taxpayer knowledge, taxation services quality, taxpayer compliance. |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 16 May 2019 02:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164053 |
Preview |
Text
Budi Krisolita.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |