Utami, Ni luh Aninda Feniasari (2018) Manajemen Public Relations dalam Restorasi Citra (Studi Kualitatif Deskriptif pada program Media Relations divisi Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) tahun 2014-2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ketika sebuah perusahaan mengalami krisis, Public Relations sebagai fungsi manajemen akan berusaha melakukan restorasi citra perusahaan. Salah satu sarana yang digunakan adalah media massa. Media massa merupakan suatu kebutuhan pokok masyarakat sehingga memiliki pengaruh dalam membentuk opini masyarakat. Hal ini yang membuat Public Relations dalam perusahaan melakukan sebuah kegiatan Media Relations dengan tujuan menjalin hubungan baik dengan media massa. Dalam melakukkan sebuah kegiatan media relations, public relations menggunakan konsep manajemen public relations sebagai acuan sehingga program media relations yang dilakukan dapat berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan tujuan. Lokasi penelitian ini dilakukan di sebuah perusahaan industri pesawat, PT. Dirgantara Indonesia (Persero) yang pernah mengalami krisis. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dihasilkan dari wawancara oleh informan yaitu staf Humas dan wartawan sebagai informan pendukung, selain itu untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan data sekunder yaitu dokumentasi internal perusahaan dan pemberitaan di media. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa humas PT. DI dalam tahapan pelaksanaan media relations tidak sesuai dengan konsep manajemen Public Relations sehingga kegiatan media relations yang telah dilakukan tidak berjalan secara maksimal dikarenakan humas yang tidak memiliki wewenang dalam manajemen perusahaan.
English Abstract
Public Relations as a management function will try to restorations the image when the company in crisis. One of the ways that is used is the mass media. The Mass Media is the basic needs of the community and so they have the influence in shaping public opinion. Public Relations will implement media relations activities with the aim to build a good relationship with the mass media. In doing an activity media relations, public relations using the concept of the management of public relations as a reference to the media relations program that can produce maximum results and in accordance with the goal. The location of this research done in an aircraft industry company, PT Dirgantara Indonesia (Persero) which had a crisis. This research using primary and secondary data source. The primary data source is produced from an interview by informant of public relations staff and journalists, in addition to test the validity of the data, researchers use secondary data which is company documentation and media report. Research Results based on the analysis of the data showed that the public relations of PT Dirgantara Indonesia (Persero) in stages of the implementation of the media relations is not in accordance with the concept of the Public Relations Management and media relations activities that have been done, don’t get maximum results due to roles of public relations that have no authority in the management of the company.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/389/051805518 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Public Relations, Restorasi Citra, Media Relations-Public Relations Management, Image Restorations, Media Relations. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 May 2019 01:59 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164035 |
![]() |
Text
Ni luh Aninda Feniasari Utami.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |