Analisis Kinerja Keuangan Bank Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Santano, Nur Rizky Amalia (2018) Analisis Kinerja Keuangan Bank Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara bank umum konvensional dan bank umum syariah. Sampel yang diteliti ialah bank umum persero yang menggunakan sistem dual-banking, yakni menerapkan prinsip konvensional dan syariah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah RGEC yang terdiri dari risk profile, good corporate governance, earnings, dan capital yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia. Rasio yang digunakan dari masing-masing RGEC antara lain Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) untuk risk profile, Good Corporate Governance (GCG) yang dilihat dari self assessment bank yang bersangkutan, Return on Assets (ROA) untuk earnings, serta Capital Adequacy Ratio (CAR) untuk capital. Metode analisis data yang digunakan yakni Indipendent Sample t-Test untuk data yang terdistribusi secara normal dan Mann-Whitney Test untuk data yang tidak terdistribusi secara normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank umum konvensional lebih unggul dalam rasio NPL, GCG, ROA, dan CAR. Sedangkan bank umum syariah lebih unggul dalam rasio LDR.

English Abstract

This study aims at identifying the difference of financial performance between conventional commercial banks and sharia commercial banks. The research samples are commercial banks using dual-banking systems: the conventional and the sharia principles. The research applies RGEC approach consisting of risk profile, good corporate governance, earnings, and capital as determined by Bank Indonesia. The ratio used from each RGEC, among others, includes Non Performing Loan (NPL) and Loan to Deposit Ratio (LDR) for risk profile, Good Corporate Governance (GCG) viewed from the banks’ self-assessment, Return on Assets (ROA) for earnings, and Capital Adequacy Ratio (CAR) for capital. The data are analyzed by indipendent sample t-Test for the normally distributed data and Mann-Whitney Test for those not normally distributed. The results of the study indicate that conventional commercial banks are superior in terms of NPL, GCG, ROA, and CAR ratio, while sharia commercial banks are superior in LDR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/611/051811115
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, RGEC, NPL, LDR, GCG, ROA, CAR, Financial Performance, RGEC, NPL, LDR, GCG, ROA, CAR
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 May 2019 05:51
Last Modified: 20 Oct 2021 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164014
[thumbnail of NUR RIZKY AMALIA SANTANO.pdf]
Preview
Text
NUR RIZKY AMALIA SANTANO.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item