“Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Kosmetik Wardah (Studi Analisis Semiotika Pada Iklan Wardah Versi “Wardah : 20 Tahun” dan “Exclusive Series 2017”

Artika, Dian (2018) “Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Kosmetik Wardah (Studi Analisis Semiotika Pada Iklan Wardah Versi “Wardah : 20 Tahun” dan “Exclusive Series 2017”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana representasi kecantikan perempuan dalam iklan televisi Wardah versi “Wardah : 20 Tahun” dan “Exclusive Series 2017”. Iklan mampu merepresentasi sebuah makna kecantikan lewat image yang ditampilkan. Salah satu pihak yang memiliki kepentingan terhadap kecantikan perempuan adalah produk kosmetik. Namun iklan produk kosmetik di Indonesia dalam merepresentasikan kecantikan perempuan masih cenderung homogen, yaitu dengan menyajikan makna dan alur yang serupa. Kemudian muncul iklan dari sebuah brand kosmetik Wardah yang menyajikan konsep cantik yang berbeda dari iklan produk kosmetik lainnya. Penelitian ini menggunakan dua versi iklan Wardah sebagai objeknya, yaitu “Wardah : 20 Tahun” dan “Exclusive Series 2017”. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan dari screencapture potongan kedua iklan dan kemudian dianalisis menggunakan teori Semiotika Charles S Pierce. Lalu untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan data sekunder yang berasal dari buku maupun jurnal yang mendukung. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data menunjukan bahwa representasi kecantikan perempuan dari iklan Wardah versi “Wardah 20 Tahun” yaitu perempuan cantik adalah perempuan yang lebih mengedepankan sisi emosional daripada sisi penampilan fisik, seperti sikap toleransi dalam perbedaan dan peduli terhadap sesama. Representasi kecantikan perempuan dari iklan Wardah versi “Exclusive Series 2017” yaitu perempuan berhijab tetap dapat terlihat cantik dengan pakaian yang tertutup namun tetap fashionable dan mampu menonjolkan kecantikan dari dalam dirinya (inner beauty).

English Abstract

The purpose of this research is to find out how the representation of female beauty in television advertising by Wardah “Wardah 20 Tahun” and “Exclusive Series 2017” version. The advertisement was able to represent the meaning of beauty through an image that is displayed. One of the parties that have an interest towards female beauty is the cosmetic products. But advertising of cosmetic products in Indonesia within represents the beauty of women still tend to be homogeneous, by presenting the meaning and flow of similar. Then comes the advertisement from a cosmetic brand Wardah, which serves beautiful concept that is different from other cosmetic product advertising. This study uses two versions of the Wardah advertisement as its object, “Wardah 20 Tahun” and “Exclusive Series 2017”. This research using primary and secondary data sources. The source of primary data obtained from the screencapture second piece of advertising and then analyzed using the theory of Semiotics of Charles S. Pierce. Then to test the validity of the data, the researchers used a secondary data that comes from a book or journal that supports. The results of this research based on analysis of the data showed that the representation of women beauty from Wardah advertising “Wardah 20 Tahun” version is beautiful women are women who are more emotional than the side side put forward physical appearance, such as the difference in tolerance attitude and caring towards each other. The representation of women beauty from “Exclusiver Series 2017” version is beautiful women are women who wear hijab with clothes that covered but still fashionable and able to accentuate her inner beauty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/391/051805520
Uncontrolled Keywords: Representasi Kecantikan, Iklan, Semiotika-Beauty Representation, Advertisement, Semiotic
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 May 2019 03:14
Last Modified: 14 Mar 2022 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163976
[thumbnail of Dian Artika.pdf]
Preview
Text
Dian Artika.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item